Bekasi Antisipasi Banjir Kiriman Malam Ini

Bendungan Katulampa
Sumber :
  • ANTARA/Jafkhairi

VIVAnews - Bendungan Kali Bekasi akan menerapkan sistem buka tutup untuk menghidari terjadinya banjir kiriman yang menggenangi pemukiman warga. Meski saat ini kondisinya masih normal, tapi hujan yang terjadi di kawasan Bogor hingga sore ini masih terus diwaspadai.

Menurut petugas pengamat Bendungan Kali Bekasi, saat ini tinggi permukaan air (TMA) masih berada di batas normal. Yaitu 18,98 meter. Sementara debit air atau limpasan yang melewati bendungan, juga masih normal atau berada di bawah angka 100 meter kubik per detik.

"Meski masih normal, persiapan sudah dilakukan. Ketinggian air mulai meningkat sejak pukul 17.00 WIB,"  kata Nasrun Situmeang, di Bekasi, Selasa 1 November 2011.

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024

Peningkatan debit air terjadi karena curah hujan tinggi di Bogor dan menyebabkan ketinggian air di Cileungsi terus meningkat sejak pukul 14.00 WIB. "Perjalanan air dari Cileungsi sampai Bekasi diperkirakan memakan waktu 3 jam," katanya.

Guna mempertahankan air agar tidak meluap ke wilayah pemukiman, sistem buka tutup pada tiga pintu air akan diterapkan. Bila debit air di atas 200 meter kubik per detik, petugas bendungan akan menghubungi pihak kepolisian, Kodim dan kelurahan yang dilalui Kali Bekasi.

"Kalau sudah di angka itu maka statusnya sudah siap. Kalau debit di atas 300 meter kubik per detik, statusnya siaga. Sedangkan kalau di atas 400 meter kubik per detik statusnya sudah waspada," katanya.

Nasrun Situmeang memperkirakan meskipun mulai sore ini ketinggian air akan meningkat, namun angkanya tidak akan signifikan dan status di Kali Bekasi masih bisa dipertahankan pada posisi normal. Kondisi itu tentu akan berbeda jika sudah masuk musim hujan di akhir bulan Desember hingga awal Januari 2012.

"Pada bulan itulah kita perkirakan banjir akan terjadi karena air kiriman dari Bogor akan terus meningkat jumlahnya," kata dia.

Hulu Kali Bekasi berada di Kabupaten Bogor dan merupakan titik pertemuan antara Kali Cileungsi dan Cikeas. Sementara hilir Kali Bekasi berada di wilayah utara atau mengalir ke Kali Cikarang Bekasi Laut (CBL).

Sementara wilayah yang selalu terkena imbas apabila air Kali Bekasi melimpah adalah Perumahan Pondok Mitra Lestari, Kemang Ifi, Vila Indah Permai, serta beberapa daerah di Bekasi Jaya dan Bekasi Utara.

Laporan : Erik Hamzah| Bekasi

wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024