Api SEA Games Tiba di Jakarta 4 November

Peluncuran Logo Sea Games XXVI
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Penyelenggaraan SEA Games XXVI yang akan dilaksanakan di dua Provinsi, Sumatera Selatan dan DKI Jakarta, tinggal menghitung hari. Rencananya, besok api SEA Games akan tiba di ibukota.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

"Api SEA Games akan sampai besok pagi," ujar Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo, di Jakarta, Kamis 3 November 2011. Saat tiba, Fauzi Bowo akan menerima api tersebut secara simbolis.

Foke, sapaan akrab Fauzi Bowo, mengatakan api SEA Games akan sampai di Jakarta melalui Bandara Soekarno Hatta.

Dan pada sore hari api akan diterima oleh Wakil Presiden, Boediono, di Istana Wapres. Setelah diterima, lanjut Foke, dirinya membawa lagi api SEA Games ke Balaikota.

"Menjelang Maghrib saya akan membawa api SEA Games dari kantor wakil presiden menuju Balaikota," tambah dia.

Keesokan harinya, pada 5 November, api yang diambil dari sumber api alam Mrapen, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, ini akan diarak keliling ke lima wilayah Jakarta dan berakhir di kantor Wali kota Jakarta Utara.

Sesampainya di Jakarta Utara, api kemudian langsung dibawa menuju Palembang dengan menggunakan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Priok. "Api akan dibawa menggunakan Kapal Roro," terang dia.

Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda DKI Jakarta, Ratiyono, menambahkan pada 9-10 November 2011, Pemprov DKI akan melakukan pengibaran bendera kontingen di halaman gedung Balaikota.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Untuk acara opening dan closing seremony akan direlay dari Palembang yang akan ditayangkan di Monas.

Untuk mendukung lancarnya pelaksanaan, Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 746 bus besar dan sedang serta tujuh kapal yang akan dioperasikan untuk 45 shuttle bus dengan 14 rute perjalanan.

Moda transportasi ini digunakan untuk menghubungkan antara tempat penginapan dengan tempat pertandingan.

Ratiyono memaparkan, penyelenggaraan SEA Games di Jakarta akan mempertandingkan sebanyak 22 cabang olahraga dengan 260 nomor pertandingan.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Cabang olahraga tersebut akan dipertandingkan di 18 venue, yakni 17 venue berlokasi di Jakarta dan satu venue di Depok, Jawa Barat.

"Total jumlah atlet yang akan bertanding sebanyak 3.766 atlet, 1.877 staf official dan 1.335 wasit dari 11 negara," terang Ratiyono kepada VIVAnews.com.

Dia menambahkan, untuk menjaga kesehatan para atlet, official dan wasit, pihaknya telah menyiapkan delapan Rumah Sakit (RS) rujukan di Jakarta dan tiga RS di Jawa Barat. Seluruhnya akan siap siaga untuk menangani kesehatan para atlet. (umi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024