Relawan Sapu Ranjau Paku Malam Ini Beraksi

Mobil penyapu ranjau paku
Sumber :
  • Facebook TMC Polda Metro Jaya

VIVAnews - Komunitas Sapu Bersih Ranjau Paku (Saber) akan kembali beraksi membersihkan ranjau paku di jalan raya.  Rencananya, nanti malam sekitar pukul 8.00 WIB, tim relawan ini akan membersihkan beberapa wilayah di Jakarta Pusat.

"Nanti malam dari fly over Roxy-Cideng sampai Harmoni," ujar relawan Saber, Abdul Rohim saat berbincang dengan VIVAnews.com, Kamis 3 November 2011.

Setelah Harmoni bersih, tim melanjutkan aksinya di depan kantor Sesneg dan Istana Presiden. Dari Istana, tim kembali melanjutkan hingga ke kawasan Senen.

"Kita dapat laporan, di Senen banyak ranjau paku. Kebetulan di Jakarta Pusat juga ada relawan yang mau gabung," tuturnya.

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai

Peralatan yang digunakan untuk menyisir paku adalah magnet yang daya tariknya kuat. Masing-masing relawan dilengkapi oleh magnet. Selain itu, tim Saber juga punya magnet yang diikat di plat sepanjang 1 meter.

Rohim mengatakan, waktu 'dinas' mereka biasanya dilakukan pada malam hari. Setelah selesai bekerja. "Karena tim kita juga kan banyak yang bekerja," imbuhnya.

Sementara, siang hari, anggota hanya melakukannya sendiri-sendiri. "Biasanya sambil jalan berangkat kerja, teman-teman juga memunguti paku," katanya.

Saat ini, tim relawan sudah terdapat dibeberapa wilayah DKI. Jumlah anggota inti ada 8 orang. Simpatisan kurang lebih 15 orang. "Kebanyakan anggota kita ada di Jakarta Barat. Kalau untuk Jakarta Timur, kebetulan ada relawan juga. Tapi belum banyak," ucapnya.

Saat ini, tim Saber sudah berhasil mengumpulkan sekitar 2 kuintal paku dari jalanan. Paku yang terkumpul, biasanya dijual.

"Dijual juga, tapi paku yang masih bisa digunakan. Ada yang mau nampung. Separuh harga. Sekilonya 7 ribu," jelasnya.

Nekat Datangi Markas TNI, Mayjen Gadungan Ini Ingin Nitip Kerabat Masuk Akmil

Motif Bisnis

Rohim menegaskan, aktivitasnya bersama relawan lain dilakukan semata-mata karena kepeduliannya terhadap kepentingan banyak orang. Dia mengaku kesal dengan ulah penebar paku yang sengaja membuat orang lain menderita.

Selama aksinya, komunitas Saber sudah berhasil menangkap penebar paku di Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Pelaku, oleh relawan Saber, diserahkan ke polisi untuk di proses. Aksinya itu bermotif bisnis.

"Pelaku memang sudah sering menebar paku. Sudah kita intai sejak lama. Modusnya biar tambal bannya rame," katanya.

Terpopuler: Sakit yang Diidap Parto sampai Syifa Hadju Pernah Diperingatkan oleh Raffi Ahmad
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024