2012, Angkutan di Jakarta Dijanjikan Nyaman

Antrian angkot dan bis umum di Terminal Kampung Melayu
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Dewan Transportasi Kota Jakarta menyambut baik adanya koordinasi yang dilakukan seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) untuk merevitalisasi angkutan umum Ibukota.

Ini Momen Eko dan Akri Jenguk Parto Patrio di Rumah Sakit

Ketua Dewan Transportasi Kota Jakarta, Azas Tigor, mengungkapkan pada Rabu, 9 November 2011, jajaran Dishub, PT Jasa Marga Tbk, Polda Metro Jaya, Organda, dan DTKJ sudah menggelar rapat.

Saat ini, memang masih melakukan diskusi untuk meningkatkan pelayanan angkutan umum.

Gadis ABG Tewas Dicekoki Narkoba di Hotel Jaksel, Polisi Temukan Senpi dan Alat Bantu Seks

"Sebab, kualitas yang semakin menurun, sehingga membuat masyarakat enggan menggunakan angkutan umum," ujar Azas Tigor, Selasa 15 November 2011.

Dia menjelaskan, program revitalisasi yang tengah dilakukan menjadi momen untuk mengembalikan atau meningkatkan kualitas angkutan umum.

Menurut dia, merevitalisasi angkutan umum bukan hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga meningkatkan kapasitas manajemen. Untuk itu, pada Maret 2012, seluruh angkutan umum di Jakarta ditargetkan sudah sangat laik dan nyaman.

"Kami mengharapkan, Maret sudah jauh lebih laik. Sementara itu, langkah yang dilakukan oleh seluruh stakeholders ini adalah langkah baik dan patut dicontoh daerah lain," kata dia.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Azas mengatakan, seharusnya yang dilibatkan bukan hanya stakeholders DKI melainkan Jabodetabek. Sebab, yang memenuhi jalan-jalan Jakarta justru banyak dari wilayah penyangga. Untuk itu, ke depan pihaknya meminta PT Kereta Api Indonesia juga dilibatkan.

"Kami minta PT Kereta Api dilibatkan, karena mereka juga menjadi salah satu penunjang angkutan umum," jelas dia.

Seperti diketahui, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya akan melakukan penataran terhadap para supir angkutan umum di Jakarta guna menjadikan disiplin dalam berkendara. Dengan cara memberikan program mengemudi menggunakan driving simulator yang dimiliki oleh Polda.

Pihaknya juga akan mendatangi Perusahaan Otobus (PO) dan mengundang  para supir untuk datang ke tempat pembuatan SIM di kawasan Daan Mogot, Jakarta Barat.

Sebab, para supir angkutan umum diwajibkan untuk memiliki SIM A umum. Dalam penataran tersebut, kepolisian akan memberikan SIM A umum secara gratis kepada setiap supir angkutan umum. (art)

Wuling BinguoEV di Mandalika

SPKLU Sudah Banyak, Naik Wuling BinguoEV Bisa dari Jakarta ke Mandalika

Perjalanan ini berhasil membuktikan, bahwa mobil listrik BinguoEV mampu menempuh perjalanan jauh dengan aman dan nyaman.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024