Denny: Tak Ada Fasilitas Mewah di LP Salemba

Rumah Tahanan Salemba, Jakarta Pusat.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin dan Wakilnya Denny Indrayana mengunjungi RutanĀ  Salemba, Jakarta, Rabu 16 November 2011. Mereka menindaklanjuti rekaman mantan narapidana Syarifudin S. Pane yang memperlihatkan praktik menyimpang di rutan tersebut.

Namun, dalam kunjungan kali ini, mereka tidak menemukan adanya fasilitas mewah dan prostitusi sebagaimana diklaim Syarifudin. "Teman-teman lihat sendiri bloknya juga ada, teman-teman sudah lihat sendiri," kata Denny Indrayana.

Menurut Denny, rekaman yang Syarifudin itu dilakukan pada 2008 silam. Saat ini, praktik itu tidak ada lagi di LP Salemba. "Memang tanpa menafikkan adanya apa yang disampaikan Syarifudin, kejadian itu kan pada 2008," kata dia.

"Terkait semuanya, itu yang saat ini kita pikirkan terutama masalah anggaran."

Saat ini, lanjut Denny, Kemenkumham sedang melakukan pemetaan untuk mengatasi masalah lapas yang sudah kelebihan kapasitas. Mereka sedang mengkaji apakah mungkin memindahkan para napi ke tempat lainnya yang masih longgar. "Apakah mungkin dilakukan mutasi ke penjara terdekat. Minimal antar-provinsi pun tidak apa-apa," ujarnya.

Sebelumnya, seorang mantan narapidana, Syarifuddin S. Pane mengungkapkan bagaimana kehidupan di dalam penjara. Mulai dari harga kamar khusus yang mencapai Rp30 juta, sampai praktik prostitusi. Semua ia abadikan dalam video.

Warga Jakarta Timur ini mendekam di Rutan Salemba pada 2008 selama empat bulan atas tuduhan terlibat kasus pemalsuan dokumen visa Amerika Serikat. (umi)

Terpopuler: Pelaku Penyiram Air Keras hingga Roberto Mancini Kagumi 4 Pemain Timnas Indonesia U-23
Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 7 Mei 2024

Warga Jakarta yang masa berlaku surat izin mengemudinya segera habis, hari ini Selasa 7 Mei 2024 bisa melakukan perpanjangan di salah satu mobil SIM Keliling yang tersedi

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024