Foke: Manajemen Banjir di DKI Masih Buruk

Fauzi Bowo & Agung Laksono Kunjungi Banjir Pondok Labu
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVAnews - Kerjasama antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dinilai masih buruk, untuk menangani banjir Jakarta. Karena itu, Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, kecewa dengan koordinasi antar wilayah dan sektor yang dilakukan bawahannya itu.

"Banyak yang tidak sinkron, dan perlu dikaji dan diikuti dengan langkah koordinasi. Kalau perlu ubah struktur dan fungsi," kata Fauzi Bowo, di Balaikota DKI Jakarta, Senin, 5 Desember 2011.

Pengerjaan rehabilitasi saluran air di sepanjang Jalan Sudirman contohnya. Menurut Foke, panggilan akrab Fauzi Bowo, kerjasama antar wilayah dengan dinas serta Ditlantas Polda Metro Jaya harus lebih ditingkatkan.

"Pengawasannya juga harus ketat. Jangan ada pihak yang memberi kerjaan [proyek], ikut mengawasinya juga. Justru itu merupakan kelemahan dalam manajemen," ujar gubernur.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Tidak Sinkron

Kurangnya kerja sama ini juga dibenarkan pula Sekretaris Daerah DKI Jakarta, Fadjar Pandjaitan. Menurutnya, kondisi kerja membuat suasana kerja di lapangan menjadi tidak baik.

"Masing-masing SKPD sudah ada tupoksinya, hanya tinggal barangkali bagaimana mengkoordinasikan itu oleh masing-masing pimpinan, bahwa di lapangan masih terjadi ketidaksinkronan itulah yang mesti diperbaiki oleh kita," ungkapnya.

Sesuai arahan dari Gubernur DKI Jakarta dalam rapat pimpinan yang memanggil lima Walikota DKI Jakarta ini, masing-masing SKPD dan Walikota secara berjenjang akan diawasi dan diberi arahan.

"Ini dilakukan supaya koordinasi-koordinasi di lapangan, termasuk penanganan masalah banjir berjalan baik," tutur Fadjar.

Peningkatan koordinasi ini juga dilakukan terkait program penuntasan 62 titik genangan air.

"Jadi tadi Pak Gubernur juga menyontohkan menangani gorong-gorong Sudirman. Terkesan seperti tidak ada koordinasi yang menimbulkan kerawanan, kemacetan," kata Fadjar. (ren)
 

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus
Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024