27.920 Warga Jakarta Masih Buta Huruf

Suasana belajar bahasa Inggris di Kampung Pare
Sumber :
  • http://matanews.com

VIVAnews - Sebagai ibukota Indonesia, Jakarta menjadi pusat perekonomian, budaya, serta pendidikan. Namun ironisnya, di kota metropolitan ini masih ada 27.920 warga yang belum bisa baca tulis atau buta huruf. Demikian menurut data dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taufik Yudi Mulyanto, mengatakan saat ini pihaknya sedang berupaya untuk menangani masalah buta huruf itu.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

"Memang hanya 0,3 persen dari jumlah penduduk, tapi untuk kota megapolitan seperti Jakarta jumlah itu sudah cukup banyak," ujar Taufik di Jakarta, Kamis 8 Desember 2011.

Taufik mengaku siap mengentaskan buta aksara di ibu kota. Melalui program pendirian dan pembinaan pusat kegiatan belajar mandiri (PKBM), lanjutnya, diharapkan tidak akan ada lagi warga yang buta aksara.

Menurutnya, langkah ini dilakukan agar semua warga dapat membaca. Selain itu, program tersebut adalah upaya pemerintah untuk meningkatkan harkat martabat warganya.

"Ini juga upaya meningkatkan harkat mereka, agar muncul kepercayaan diri saat bisa membaca. Dan ke depan bisa memperbaiki taraf hidup mereka," ujar dia.

Saat ini pusat kegiatan belajar mandiri yang terdaftar di Dinas Pendidikan sebanyak 240. Sebagian besar dikelola secara swadaya oleh masyarakat.

Selain kejar paket A, B, dan C, pusat kegiatan itu juga mengajarkan kepada peserta didik keterampilan. "Pelatihan seperti komputer, memasak, membuat kerajinan tangan, dan kemampuan akuntansi," ucap Taufik. (ren)

Aksi Sopir Pikap Ini Dipuji Warganet, Berani Hadang Dua Bus Lawan Arus
Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.

Ada Lampu Jalan di Jakarta Bisa Terkoneksi sama Internet

Anak usaha Jakpro menginisiasi pemanfaatan lampu jalan milik Pemerintah Provinsi Jakarta untuk dikembangkan menjadi PJU Pintar. Bisa terkoneksi internet dan 5G.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024