Siang Ini TransJakarta Koridor XI Diujicoba

Bus TransJakarta gandeng
Sumber :
  • suaratranjakarta.org

VIVAnews - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan melakukan uji coba pengoperasian jalur TransJakarta Koridor XI jurusan Pulogebang-Kampung Melayu, hari ini, Jumat 23 Desember 2011.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Sularso, mengatakan ujicoba rencananya mulai pukul 14.00 WIB.

Alasan Nurul Ghufron Gugat Dewas KPK ke PTUN dan MA

"Dari depan kantor Walikota Jakarta Timur, dioperasikan tiga armada busway," ujar Mirza Sularso kepada VIVAnews.

Uji coba ini dilakukan mengingat pengoperasian jalur yang melintasi Jalan I Gusti Ngurahrai sampai terminal Kampung Melayu diresmikan pada 28 Desember mendatang.

"Untuk memastikan kesiapan koridor tersebut secara keseluruhan, kami melakukan peninjauan langsung sekaligus uji coba di lapangan," kata Mirza.

Menurutnya, dalam uji coba akan dipastikan kesiapan koridor secara menyeluruh, baik kondisi jalur dan jalan umum di sisi luar jalur. "Serta sarana pendukung seperti shelter dan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO)," ucap dia. Temuan pada uji coba dilanjutkan dengan evaluasi.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, lanjutnya, memang ada beberapa kekurangan. Namun ia mengatakan penyelesaian koridor busway dan sarana penunjangnya hampir mencapai 100 persen.

"Kekurangan yang masih ada di lapangan itu hanya berupa penyelesaian tahap akhir atau finishingnya saja," ujar Mirza.

Banjir dan Longsor di Kabupaten Luwu, 14 Warga Meninggal Dunia

Dalam peresmiannya nanti akan diluncurkan 21 bus gandeng sekaligus. Di koridor ini terdapat 15 halte dan 16 jembatan penyeberangan orang (JPO) yang tersebar di koridor sepanjang 11,35 kilometer.

Halte dan JPO juga telah didesain sedemikian rupa bagi para penyandang tunanetra. Yakni, lantainya didesain ada garis-garisnya dan bulat-bulat. Hal ini untuk memudahkan mereka berjalan kaki.

Sejumlah mix trafic juga telah disediakan. Selain itu ada titik transfer penumpang di halte Stasiun Jatinegara-halte Pasar Jatinegara. Di sini untuk pemindahan penumpang dari koridor V ke XI.

Terpopuler: Gaji untuk Kredit Pajero Sport, Petugas Dishub Dibuat Kewalahan

Kemudian di halte Fly Over Jatinegara, koridor untuk pertemuan koridor X dengan XI. Semakin banyak titik transfer, diharapkan dapat mengurangi penumpukan penumpang di halte lainnya.

Pj Gubernur Sumut, Hassanudin menerima audiensi Nasional Paralympic Comitee of Indonesia, di Kantor Gubernur Sumut.(dok Pemprov Sumut)

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut: Kita Senang Jadi Tuan Rumah

Siap Laksanakan Peparnas 2024, Pj Gubernur Sumut : Kita Senang Jadi Tuan Rumah

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024