Parkir Liar Masih Menumpuk di Koridor XI

Parkir Liar Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Dinas Perhubungan DKI Jakarta berjanji untuk melakukan sterilisasi jalur bus TransJakarta di koridor XI jurusan Kampungmelayu-Pulogebang.

Menpan-RB Sebut Calon Kepala Daerah Tak Bisa Jual Janji Angkat ASN

Sebab, sejak pertama kali dioperasikan pada 28 Desember 2011 lalu, laju bus terhambat akibat banyaknya parkir liar di sepanjang jalur busway.

Berdasarkan pantauan VIVAnews.com, parkir liar itu terdapat di beberapa titik mulai dari kawasan Jatinegara hingga Jalan Bekasi Raya.

Untuk di Jalan Bekasi Timur, parkir liar berada di depan kantor Imigrasi Jakarta Timur. Puluhan kendaraan memakan badan jalan sebelah kiri, sehingga terjadi penyempitan.

Kemacetan akan semakin parah bila ada angkutan umum yang berhenti untuk menaikkan dan menurunkan penumpang.

Selain itu, lokasi parkir liar juga terdapat di depan Stasiun Jatinegara yang mengarah ke Jalan Jatinegara Timur. Di lokasi tersebut, kendaraan yang diparkir kebanyakan adalah sepeda motor.

Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Timur, Mirza Soelarso, mengatakan pihaknya telah melakukan rapat koordinasi dengan pihak Stasiun Jatinegara dan Satuan Wilayah Lalu Lintas Jakarta Timur.

"Hasil rapat koordinasi, mereka sangat mendukung rencana penertiban parkir liar di sisi jalan yang menjadi lintasan bus TransJakarta," ujar Mirza, Kamis 5 Januari 2012. "Namun untuk pelaksanaan penertiban, kami masih harus koordinasi lagi dengan pihak terkait."

Dia menjelaskan, nantinya lokasi parkir akan dipindahkan ke belakang stasiun yang memiliki lahan seluas 7000 meter persegi. "Lahan tersebut mampu menampung 200 mobil dan 100 sepeda motor," ucap Mirza.

Pihaknya juga akan melakukan koordinasi dengan Imigrasi Jakarta Timur terkait parkir mobil liar di depan kantor tersebut. "Minggu depan koordinasi akan kami lakukan," katanya.

Longsor di Enrekang Putuskan Akses Transportasi Tiga Kabupaten, Menurut BPBD

Kepala Bidang Manajemen Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Benhard Hutajulu, menambahkan lahan parkir di dalam gedung telah disiapkan saat pembangunan hingga busway koridor XI digunakan.

Menurutnya pada koridor XI ini disediakan fasilitasi park and ride yang berada di halte Walikota Jakarta Timur.

"Ada juga di terminal Pulogebang yang sedang dibangun, Pasar Batu Akik (Pasar Rawabening). Bisa juga parkir di Stasiun Jatinegara," tandas Hutajulu. (eh)

Performa Indonesia di Piala Asia U-23 Pertanda Masa Depan Cerah
Mitsubishi New Pajero Sport

Terpopuler: Gaji untuk Kredit Pajero Sport, Petugas Dishub Dibuat Kewalahan

Berita yang membahas mengenai gaji untuk kredit Pajero Sport dan petugas Dishub dibuat kewalahan, banyak sekali dibaca sehingga menjadi terpopuler di kanal VIVA Otomotif.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024