Muara Angke Pintu Masuk Resmi ke Pulau Seribu

Wisata Murah Di Muara Angke Jakarta Utara
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Pelabuhan penumpang yang menjadi pintu gerbang Kepulauan Seribu telah diresmikan pengoperasiannya oleh Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Fauzi Bowo pada Kamis 5 Januari 2012. Pelabuhan yang diberi nama Pelabuhan Muara Angke ini terletak di Muara Angke, Pluit, Jakarta Utara.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono mengatakan, total luas pelabuhan 3,4 hektar, namun yang telah dibangun dan dinyatakan siap pakai seluas 7.500 meter. "Pelabuhan ini memiliki dermaga sepanjang 182 meter, yang dilindungi oleh pemecah ombak sepanjang 1.400 meter. Kemudian kedalaman air pada bibir pelabuhan sedalam 3,8 meter," kata Pristono.

Selter yang disiapkan bagi pengguna pelabuhan sepanjang 270 meter, berkapasitas 250 orang. Pelabuhan ini mampu menampung 50 kapal. "Kapal-kapal yang ada di pelabuhan ini telah memenuhi ketentuan kelaikan kapal dari Ditjen Perhubungan Laut," kata Pristono.

Sementara ini, lanjut Udar Pristono, kapal yang siap melayani penumpang saat ini baru tersedia 8 kapal, yaitu 2 kapal lumba-lumba berkapasitas 50 tempat duduk. Dan 6 kapal kerapu kapasitas 25 tempat duduk.  Tarif kapal antara Rp25.000 sampai Rp35.000.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo mengatakan, kapal ojek yang sudah sejak lama berada di Pelabuhan Muara Angke sebagai kapal pengangkut penumpang ke Pulau Seribu, akan diseleksi. Alasannya karena banyak yang tidak memenuhi standarisasi. "Kapal itu kebanyakan kapal ikan yang diubah menjadi kapal penumpang. Untuk itu, perlu kita uji atau seleksi lagi," kata gubernur yang Akrab disapa Foke ini.

Menurutnya, Pelabuhan Muara Angke ini sudah lama dirancang. Namun sebelumnya, ada rencana pintu masuk Pulau Seribu di Pelabuhan Bahtera Jaya dan Pluit. Tapi akhirnya ditetapkan di Muara Angke. (ren)

Laporan: Arnes Ritonga

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun
Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024