FOTO: Papan Petunjuk Prakiraan Cuaca Jakarta

Papan Petunjuk Prakiraan Cuaca/Ilustrasi
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan selama Januari hingga Februari 2012, DKI Jakarta dan sekitarnya mengalami hujan di atas rata-rata normal.

Semifinal Uber Cup 2024: Gregoria Menang, Apriyani/Fadia Tumbang

Untuk menginformasikan prakiraan cuaca kepada masyarakat, maka dipasang sebuah papan petunjuk. Papan digital petunjuk prakiraan cuaca itu dipasang di Jalan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Saat ini, pekerja masih menyelesaikan pemasangan papan digital petunjuk cuaca itu. Lihat fotonya di sini
 
Kepala Sub Bidang Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG, Kukuh Ribudiyanto, mengatakan, potensi curah hujan di Jakarta selama Januari diprediksi tinggi, yakni di atas 400-500 milimeter. Sementara itu, potensi curah hujan yang lebih tinggi berada di wilayah selatan dan barat Jakarta, serta Bogor dan Tangerang. Potensi curah hujan tinggi akan melanda pada pagi, sore hingga dini hari.

Kukuh memastikan, masa transisi musim kemarau ke musim hujan sudah selesai. Namun, yang harus diwaspadai warga Jakarta adalah dampak hariannya. Akan ada perpaduan dari tiga unsur, yaitu hujan lebat, banjir Rob, gelombang atau arus tinggi yang mengarah ke pantai.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa bencana pada 2012 akan didominasi aktivitas hidrometeorologi seperti banjir, banjir bandang, tanah longsor, kekeringan, puting beliung, dan gelombang pasang.

Tiga instasi seperti Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, dan Bakosurtanal, telah menyiapkan peta dasar (RBI, Sistem Lahan, dan Land Cover) prakiraan potensi banjir tinggi, menengah, rendah dan aman dari kejadian banjir.

Pemerintah DKI telah mewaspadai dan memastikan 62 lokasi yang berpotensi banjir saat puncak musim hujan tahun ini. Banjir sedang berpotensi melanda kawasan Jakarta Barat, seperti  Grogol, Petamburan, Kebon Jeruk, dan Taman Sari.

Sementara itu, di Jakarta Pusat, banjir akan melanda kawasan Cempaka Putih, Gambir, Kemayoran, Menteng, Sawah Besar, Senen, dan Tanah Abang. Di Jakarta Selatan, potensi banjir ada di daerah Cilandak, Kebayoran Baru, Mampang Prapatan, Pancoran, Pasar Minggu, Tebet, dan Pesanggrahan.

Potensi banjir sedang juga melanda kawasan Jakarta Timur, seperti Cakung, Cipayung, Ciracas, Jatinegara, Kramat Jati, Makasar, dan Pulo Gadung. Kemudian di Jakarta Utara, banjir akan melanda Cilincing, Kelapa Gading, Koja, Pademangan, dan Tanjung Priok. Potensi banjir rendah ada di kawasan Cengkareng, Kalideres, dan Penjaringan. (art)

VIVA Otomotif: Motor listrik hasil konversi

Ikut Konversi Motor Listrik Gratis Ujung-ujungnya Disuruh Bayar

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menggelar program konversi motor listrik gratis, pada pertengahan April 2024, ternyata hanya untuk kalangan tertentu tidak..

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024