Tenda Darurat Masih Penuhi Jalur Tol Merak

Tol Pluit dari arah Bandara saat banjir
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadi

VIVAnews - Hingga siang, jalur tol Tangerang-Merak masih dipenuhi tenda darurat warga yang wilayahnya terendam akibat meluapnya Sungai Ciujung, Sabtu 14 Januari 2012.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Beberapa tenda darurat masih berada di bahu jalan di KM 47 Balaraja, dan sepanjang KM 57-58 Desa Undar-Andir, Kecamatan Kragilan, Kabupaten Serang, Banten.

Minimnya sarana pengungsian dan terlambatnya bantuan makanan membuat para pengungsi nekat meminta-minta kepada para pengendara mobil yang melintas. Padahal, itu sangat berbahaya. Sebab, bisa saja orang yang meminta sumbangan tertabrak kendaraan.

"Kami sudah mengimbau kepada para warga supaya tidak meminta sumbangan. Selain itu, kami telah memindahkan tenda para pengungsi ke bahu jalan. Hal itu dimaksudkan untuk keselamatan mereka dan pengguna jasa jalan tol," ujar petugas sentral komunikasi PT MMS, pengelola jalan Tol Tangerang-Merak, Fauzi, Senin 16 Januari 2012.

Fauzi menjelaskan, saat ini, jalur tol yang terendam air sudah kembali normal dan dapat dilalui semua jenis kendaraan.

Luapan Sungai Ciujung merendam ribuan rumah. Di Kragilan tercatat 1.281 rumah terendam yang berada di Tegal Maja 35 rumah, Undar-Andir 804 rumah, Dukuh 412 rumah, dan Kragilan 30 rumah. Di Kecamatan Kibin terendam sebanyak 1.104 rumah dengan wilayah terparah yaitu Desa Nagara.

Sementara itu, data di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banten, menyebutkan, akibat meluapnya Sungai Ciujung, sebanyak 13.755 rumah warga terendam. Wilayah yang terendam tersebar di 97 desa.

Selain di Kabupaten Serang, wilayah Kabupaten Lebak juga mengalami banjir. Tercatat sebanyak 3.108 rumah di 58 desa terendam banjir. Di Kabupaten Pandeglang sebanyak 9.770 rumah juga mengalami musibah yang sama.

Gelar Konsolidasi, Megawati Minta Kader PDIP Disiplin, Jujur dan Turun ke Rakyat

Kepala BPBD Banten, Suyadi Wiraatmaja, menilai evakuasi warga ke jalan tol Tangerang-Merak aman dilakukan. "Saya meminta maaf evakuasi terpaksa dilakukan ke bahu jalan tol, hal itu membuat pengguna tol tidak nyaman," katanya.

Sebagian besar pengungsi mengaku hingga siang ini belum mendapatkan bantuan, baik makanan maupun tenda untuk tempat berteduh. Mereka juga mulai terserang penyakit gatal gatal. (Laporan: Saputra | Banten, art)

Pesta kemenangan Indonesia U-23 di Brebes

Ribuan Orang di Brebes Rayakan Kemenangan Indonesia U-23

Euforia kemenangan Indonesia U-23 atas Korea Selatan U-23 pada perempat final Piala Asia U-23 pada Jumat dini hari WIB 26 April 2024 sangat terasa di Brebes, Jawa Tengah.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024