Waspadai Ranjau Paku di Jalur TransJakarta

Transjakarta Gandeng koridor V
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menduga, penebar paku sudah mulai menyebar di beberapa jalur TransJakarta. Untuk itu, pengendara, khususnya sepeda motor diminta lebih berhati-hati apabila masuk jalur busway.

"Itu tidak menetap di mana saja. Kadang-kadang bisa muncul dan kami pernah melakukan penyisiran memang ditemukan beberapa, karena mereka beranggapan beberapa koridor banyak dilalui sepeda motor," ujar Kepal Subdirektorat Keamanan dan Keselataman Ditlantas Polda Metro Jaya, Ajun Komisaris Besar Yakub Dedy Karyawan di Jakarta, Kamis 19 Januari 2012.

Ada 4,14 Juta Temuan di Google jika Klik Kata Ini

Yakub menyontohkan koridor busway di kawasan Daan Mogot, yang banyak dilewati sepeda motor dari arah Tangerang menuju Jakarta Barat. Itu merupakan kondisi potensial para penyebar paku.

Dia menjelaskan ini merupakan sistem pembelajaran sosial karena melihat potensi menguntungkan bagi tukang tambal ban. Awalnya diimbau untuk tidak melawati jalur sebelah kiri tetapi agak ke tengah sedikit. Tetapi sekarang mereka menyebarnya meluas lagi.

Kemudian disarankan mengendarai perlahan, tetap kena, karena jenis pakunya mudah membuat ban motor bocor. Sasaran khusus mereka memang sepeda motor. Untuk mobil masih sulit ditemukan.

Namun biasanya, modus ranjau paku dengan sasaran mobil lebih mengarah ke tindak kriminal. "Misalnya jika ban mobilnya bocor, ada yang memberitahu dan begitu berhenti mungkin konsen pengendara itu hanya terhadap ban, kemudian barang di dalam diambil," ucapnya.

Untuk didalam tol, kata Yakub, hingga saat ini belum ditemukan. Tetapi petugas tetap mewaspadai gerbang keluar tol yang kemungkinan mendekati usaha bengkel tambal ban. (eh)

Workshop Makin Cakap Digital, Membentuk Kesadaran Etika Berjejaring bagi Guru dan Murid Sorong Papua
Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan [dok. Kemenko Marves]

Jokowi Beri Tugas Baru ke Luhut Urus Sumber Daya Air Nasional

Presiden Jokowi menunjuk Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Ketua sekaligus anggota Dewan Sumber Daya Air Nasional.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024