Demo Buruh Dibubarkan, Macet Masih Mengular

aksi demo buruh di bekasi
Sumber :
  • ANTARA/Widodo S. Jusuf

VIVAnews - Ratusan ribu buruh di ruas jalan tol Jakarta-Cikampek sudah ditemui Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar. Usai pertemuan, polisi perlahan-lahan membubarkan massa.

Pertemuan dan negosiasi Menteri Muhaimin dan perwakilan buruh berlangsung di pintu tol Cikarang Barat, Bekasi, Jumat 26 Januari 2012. Muhaimin tampak didampingi Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Untung S Rajab.

Usai pertemuan, Untung mengimbau agar demonstran yang sejak pukul 10.00 WIB memblokir tol, membubarkan diri. Sekitar pukul 18.00 WIB, petugas kepolisian mulai mengambil langkah tegas dengan membubarkan aksi pemblokiran.

Upaya itu berlangsung kondusif dan tidak mendapat perlawanan. Pantauan VIVAnews.com buruh dengan sukerala berangsur-angsur meninggalkan jalan tol.

Pembubaran terkait prosedur aksi unjuk rasa yang hanya boleh dilakukan hingga pukul 18.00 WIB. Meski sudah berangsur-angsur membubarkan diri, namun ruas jalan tol hingga saat ini masih belum dapat dilalui oleh kendaraan. Kemacetan parah masih terjadi di dua arah, baik dari arah Cikampek maupun dari arah Jakarta.

Demo besar-besaran ini diikuti ratusan ribu buruh. Peserta demo buruh tidak hanya berasal dari karyawan-karyawan perusahaan dari tujuh kawasan industri di Kabupaten Bekasi. Buruh-buruh yang bekerja di perusahaan di luar kawasan industri juga turun ke jalan.

Demo blokade jalur tol Jakarta-Cikampek ini membuat ruas tol gemuk itu lumpuh total. Ruas tol sepanjang sekitar 2 kilometer diduduki demonstran dari kedua arah. Massa hanya terlihat tidur-tiduran, berorasi, mengibarkan bendera, sambil meneriakkan tuntutan.

Demo buruh dipicu kemenangan Apindo Kabupaten Bekasi pada Kamis kemarin 26 Januari 2012 di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Bandung. Dalam amar putusan, Majelis Hakim memerintahkan agar Gubernur Jawa Barat merevisi SK UMK tahun 2012. Upah buruh batal naik 30 persen menjadi Rp1.491.000.

Empat Titik

Imbas dari aksi demonstrasi para buruh yang menduduki tol Cikampek berdampak pada kemacetan panjang tol Cikampek di kedua arah. Sampai pukul 16.00 WIB, titik Demonstrasi bahkan bertambah.

"Saat ini titik kerumanan demostran berada di KM 30, KM 24, KM 23, dan KM 32," kata petugas Traffic Managemeng Center Polda Metro Jaya, Marsono Ardy kepada VIVAnews.com.

KM 30 dan 32 masih berada di sekitar kawasan industri Cikarang dan Cibitung. Sedangkan KM 23 dan 24 berada di wilayah sekitar Setu. Akibat bertambahnya titik demonstrasi ini, kepolisian melakukakan pengalihan arus di kedua ruas jalan tol.

"Kendaraan dari arah Cikampek kita keluarkan ke pintu tol Karawang Barat dan Karawang Timur. Sedangkan yang mengarah ke arah Jakarta dikeluarkan di pintu tol Bekasi Barat dan Timur," kata dia. (umi)

Terkuak, Ada Perjanjian Pisah Harta Harvey Moeis dan Sandra Dewi
Arema FC

Soal Anggapan Raja Penalti Liga 1, Begini Pembelaan Arema FC

Arema FC menolak anggapan sebagai tim paling diuntungkan oleh wasit karena banyak menerima hadiah penalti di Liga 1. Singo Edan menilai penalti yang mereka dapat murni.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024