Jakarta Utara Gelar Festival Wisata Pesisir

Pelabuhan Rakyat Sunda Kelapa
Pelabuhan Rakyat Sunda Kelapa
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto

VIVAnews - Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Utara, menggelar pesta rakyat dengan tajuk Festival Wisata Pesisir 2012 di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah minat wisatawan lokal maupun mancanegara di pelabuhan yang juga menjadi salah satu cikal bakal nama kota Jakarta.

Selain terbuka untuk umum, sejumlah komunitas wisata juga akan hadir. Termasuk sahabat museum dari siswa-siswi SMU se Jakarta, yang berpusat di museum Bahari. Acara akan digelar selama tiga hari, mulai Jumat, 13 Juli 2012 besok, sampai Minggu, 15 Juli 2012.

Menurut Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, Festival Wisata Pesisir ini bertujuan untuk memelihara kemitraan strategis dalam merintis koridor ekonomi lintas wilayah pesisir.

"Dengan Festival Wisata Pesisir 2012, Pelabuhan Sunda Kelapa bisa lebih dikenal di masyarakat luas," kata Walikota Jakarta Utara, Bambang Sugiyono, Selasa, 10 Juli 2012.

Dalam kegiatan ini, akan diresmikan pengoperasian perahu hias pinisi yang nantinya bisa digunakan untuk berkeliling laut pesisir Jakarta. Berbagai hiburan, mulai dari marawis, tarian tradisonal, sampai musik dangdut dan bazaar akan meramaikan acara ini. Ada juga pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Ditambahkan Sugiyono, daerahnya memilik berbagai lokasi wisata seperti wisata laut, wisata relegi, wisata kuliner maupun wisata olahraga bahari. Diharapkan dengan berbagai kegaitan semacam ini, pemerintah dapat mengembangkan potensi wisata di Jakarta Utara, untuk meningkatkan ekonomi masyarakat.

Kegiatan ini juga untuk memperingati tiga tahun dicanangkannya program 12 Destinasi Pesisir oleh Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo di Bahtera Ancol pada 2009 lalu.

"Jakarta Utara akan menjadi seperti Bali. Ini dilihat dari lokasi wisata yang ada di wilayah kami," katanya.