Foke: Berhasil di Daerah Kenapa Harus ke DKI?

open house Idul Fitri Fauzi Bowo
Sumber :
  • ANTARA/M Agung Rajasa

VIVAnews - Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo, menilai jumlah warga daerah yang akan datang ke Jakarta pasca mudik lebaran tahun 2012 ini tidak akan meningkat. Pasalnya Pemprov DKI Jakarta sudah bekerjsama dengan Pemerintah Daerah asal imigran untuk memberikan lapangan pekerjaan di daerah masing-masing.

Berdasarkan data statistik yang dimiliki Pemprov DKI, sesuai lebaran tahun 2007 jumlah pendatang baru ke Jakarta justru mengalami penurunan. Saat ini level pendatang baru mencapai 50 hingga 60 ribu jiwa, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sebanyak 150 ribu lebih.

"Ini bukti bahwa kerjasama sama itu cukup efektif. Tapi, di lain sisi, kami juga mendorong agar pemerinrtah daerah setempat itu melakukan banyak aktivitas pembangunan sehingga orang tidak langsung terpanggil mengadu nasib di Jakarta. Jadi harapan saya kalau bisa berhasil di kampungnya kenapa harus ke Jakarta," ujar Fauzi di Jakarta, Selasa 21 Agustus 2012.

Foke sapaan akrab Fauzi menuturkan Pemerintah Indonesia sudah menyiapkan beberapa strategi pembangunan di daerah agar tidak selalu bertumpu pada pembangunan di Jakarta.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Maka, masyarakat di daerah tersebut bisa mengembangkan kemampuannya dan bekerja ditempatnya sendiri.

"Kami ingin teman-teman di daerah bisa merasakan keberhasilan pembangunan Republik Indonesia, sehingga pemerataan itu bisa dinikmati lebih cepat," ujar Foke. (ren)

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024