Demo Buruh Bubar, Kawasan Gatot Subroto Macet Parah

Demo buruh "May Day" di Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki

VIVAnews - Ribuan buruh dari berbagai elemen yang menggelar unjuk rasa di halaman Kantor Kemenakertrans, Gatot Subroto, Jakarta Selatan, mulai membubarkan diri. Arus lalulintas di sekitar kantor Kemenakertrans macet parah. Mobil-mobil yang mengular kian panjang.

Berdasarkan pantauan VIVAnews, sejumlah buruh yang datang dengan sepeda motor itu memang sudah mulai meninggalkan lokasi aksi. Tapi sebagian lagi masih menggelar orasi di sana. Mereka menuntut pemerintah menghapus sistem kerja outsourching.

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Kemacetan lalulintas dari kantor Kemenakertrans menuju Cawang sangat panjang.  Ruas jalan yang semestinya digunakan kendaraan untuk melintas, dipenuhi sepeda motor dan mobil massa buruh untuk tempat parkir. Agar para  penguna jalan tidak terjebak kemacetan, polisi telah menutup jalur lambat di bawa jalan layang Kuningan.

Unjuk rasa ini sudah berlangsung semenjak siang tadi. Mereka mengancam akan menghela massa yang lebih besar bila tuntutan mereka agar sistem outsourching dihapus, tidak segera dipenuhi.

Buruh juga menuntut kemenakertrans melakukan revisi permenaker No. 13 2012 tentang upah layak nasional dan menuntut pemerintah beserta DPR RI segera memberlakukan BPJS kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan.

Massa sempat menggoyang-goyangkan pintu pagar kantor Kemenakertrans karena kesal --saat mereka datang -- pintu kantor menteri itu justru ditutup.
Setelah melakukan negoisasi dengan pihak Kemenakertrans, akhirnya pintu pagar dibuka. Mereka kemudian menggelar unjuk rasa di halaman kantor Kemenakertrans dengan membentangkan berbagai spanduk.

Ilustrasi pria marah/emosi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengontrol emosi adalah kemampuan untuk mengatur, mengelola, dan mengekspresikan emosi secara sehat dan sesuai dengan situasi yang dihadapi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024