Polisi: Kebijakan One Day No Car di Depok Tidak Tepat Sasaran

Mobil parkir.
Sumber :

VIVAnews - Karena menimbulkan kemacetan, Kepolisian Resor Depok, akan menindak kendaraan milik Pegawai Negeri Sipil (PNS) Depok yang terparkir di depan kantor Balaikota Depok.

Sejak kebijakan One Day No Car (ODNC) diberlakukan Walikota Depok, Nur Mahmudi, banyak warga yang mengeluh karena kendaraan milik PNS dan masyarakat yang akan berkunjung ke Balai Kota parkir di luar gedung.

Disampaikan oleh Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Depok, Komisaris Kristanto Yoga, penindakan dilakukan karena sudah banyak keluhan masyarakat. Kemacetan yang terjadi pada pagi hari di Jalan Margoda bertambah parah.
     
"Programnya berlaku setiap Selasa. Besok akan kita lakukan penindakan bagi mereka yang memarkir mobilnya di pinggir jalan atau yang menggunakan bahu jalan," kata Kristanto, Senin, 17 Desember 2012 kepada VIVAnews.
     
Selain menjadi titik kemacetan baru, menurut Kristanto, kebijakan yang diterapkan walikota kurang tepat sasaran karena menimbulkan permasalah baru.
    
"PNS dilarang bawa mobil, tapi mobil mereka diparkir di pinggir jalan. Sama juga bohong. Harusnya mobil mereka disimpan di rumah dan PNS naik angkutan umum. Ini ODNC berlakunya hanya melarang mobil diparkir di dalam Balai Kota," katanya.

Rencananya, selaian akan melakukan penindakan, Polres Depok akan memasang barrier di sepanjang depan Balaikota hingga ke arah pintu masuk ITC Depok atau sejauh 300 meter.
    
"Biar parkir di ITC agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan lain. Bila membandel, akan ditilang dan digembok," katanya.

Kebijakan Nur Mahmudi, selaku Walikota Depok, terkait program ODNC dilakukan dengan alasan untuk menghemat penggunaan BBM sekaligus pengurangan dampak polusi udara. Kebijakan tersebut berlaku setiap hari Selasa.

Namun belakangan, kebijakan Nur mulai menuai kecaman, termasuk para pengguna jalan. Selain dianggap kurang tepat, kebijakan itu juga dianggap hanya menimbulkan kemacetan akibat adanya parkir liar dadakan.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem
Selena Gomez

Selena Gomez Absen di Met Gala 2024, Ternyata Gara-gara Ini

Selena Gomez jadi salah satu seleb yang sangat dirindukan tampil di karpet merah Met Gala 2024, tapi sayang tahun ini harus absen sama seperti Rihanna juga Taylor Swift.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024