RSUD Kewalahan, Jokowi Renovasi Puskesmas 24 Jam

Kartu Jakarta Sehat
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews
Bakrie Amanah Himpun Dana Rp 6,5 Miliar pada Ramadhan 2024 
- Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, mengaku akan secara bertahap melakukan perbaikan agar program Kartu Jakarta Sehat bisa berjalan secara maksimal.

SKYEGASM Senses Experience: Sensasi Kulineran Padukan Rasa, Aroma, Sentuhan dan Pandangan

Menurut Jokowi, salah satu perbaikan tersebut dengan menambah fasilitas pada puskesmas 24 jam agar masyarakat pemegang KJS tidak membludak ke RSUD kelas III. Dengan demikian 75 persen kamar rawat inap kelas II bisa dijadikan kamar rawat inap kelas III.
Bingung Pilih Skincare Lokal atau Luar? Begini Saran Dokter


"Renovasi puskesma liat nanti, tahun ini berapa yang akan direnovasi," kata Jokowi di Gedung Nusantara IV, Komplek MPR/DPR RI - Senayan, Minggu, 10 Maret 2013.


Tapi, Jokowi belum bisa menyebutkan secara detail jumlah puskemas yang akan direnovasi. "Lupa jumlahnya, pokoknya ada banyak," ucap Jokowi singkat.


Menurutnya, dalam pembangunan puskesmas 24 jam tersebut harus diselesaikan dulu program yang sudah digagas sebelumnya, yaitu call center 119 yang saat ini baru menghubungkan sembilan rumah sakit saja. "Pembangunan Puskesmas 24 jam kalau sudah rampung ini, sudah rampung itu, satu persatu lah biar fokus," kata Jokowi.


Seperti diketahui Program Kartu Jakarta Sehat memberikan kesempatan bagi warga miskin maupun yang kaya untuk berobat secara gratis. Akibatnya, pasien di berbagai rumah sakit di Jakarta membludak. Dampak membludaknya pasien membuat Ana Mudrika (14) yang ditolak empat rumah sakit di Ibu Kota. Ana diduga keracunan makanan dan telat ditangani secara medis hingga akhirnya tewas.


Ini bukan pertama kalinya pasien KJS meninggal. Beberapa waktu lalu, ada kisah tragis bayi Dera Nur Anggraini, yang meninggal akibat tidak tertampung di rumah sakit karena ruang  intensif khusus bayi penuh. Tidak hanya ruang NICU yang penuh, ruang perawatan Intensive Care Unit (ICU) juga ikut penuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya