Pengemis Menyemut Menunggu Pembagian Angpau di Petak 9

Warga menunggu pembagian angpau
Sumber :
  • VIVAnews/Santi Dewi

VIVAnews - Tim gabungan dari berbagai pihak seperti Linmas, Polsek Tamansari, dan Koramil turut diterjunkan untuk menjaga keamanan di Wihara Dharma Bhakti atau Kuil Petak 9, kawasan Glodok, Jakarta Barat, Jumat 31 Januari 2014.

Ernando Ari yang Begitu Percaya Diri

Salah satu yang menjadi fokus perhatian mereka yaitu ritual pembagian angpau kepada para pengemis yang menyemut di bagian sisi kiri wihara.

Menurut Kepala Pengamanan Kuil Dharma Bhakti, Hengky, yang ditemui VIVAnews, total ada sekitar 80 personel yang diturunkan untuk mengamankan perayaan imlek yang berlangsung di area Petak 9 itu.

Namun, Hengky mengatakan sebanyak 80 orang itu tidak hanya difokuskan untuk mengamankan klenteng, tetapi juga area di sekitarnya. Termasuk mengatur arus lalu lintas yang menuju klenteng.

"Mereka mengatur dari jalan di depan menuju klenteng hingga ke sini. Tim gabungan bekerja sama untuk mengamankan area ini," kata Hengky.

Sementara, perwira pengamanan yang diterjunkan dari Polsek Taman Sari, Heru SSY, mengungkapkan ada sekitar 30 orang yang disiagakan. Terkait pembagian angpau kepada para pengemis, Heru menyebut ada sekitar 600 hingga 1.000 orang yang menyemut di klenteng.

"Mereka telah tiba sejak hari Kamis kemarin. Kami atur mereka supaya tertib. Apabila mereka tidak mau duduk maka angpau tidak akan kami bagikan," ujar Heru.

Sistem pembagian angpau pun dilakukan oleh petugas Linmas. Menurut salah seorang petugas Linmas, Hawasi, setiap umat yang ingin memberikan angpau, harus memasukkan dananya ke baskom yang terletak di depan pintu masuk menuju kuil.

"Setelah kami rasa cukup, kami hitung dananya, lalu dibagikan sama rata. Jadi semuanya kebagian. Bahkan, apabila mereka membawa anak, anak ya pun ikut kebagian," kata Hawasi.

Namun, rata-rata setiap pengemis akan memperoleh Rp2 ribu. Apabila ada umat yang ingin membagikan dana angpau secara langsung, tetap dibolehkan namun harus dalam pengawasan petugas.

Sementara petugas keamanan hanya akan berjaga sampai pukul 22.00 WIB. Terkait dengan tindak kejahatan, Heru mengatakan hingga saat ini belum ada aksi pencopetan yang terjadi. (adi)

Menjadi Tulang Punggung Pengembangan Usaha Ultra Mikro Indonesia, PNM Ikuti 57th APEC SMEWG
Dua tersangka dalam dugaan kasus tewasnya remaja 16 tahun di hotel Jaksel

Pengakuan Mengejutkan Pelaku Tega Cekoki Narkoba Remaja Jaksel Hingga Tewas

Polisi telah berhasil mencokok dua orang pelaku pembunuhan dengan mencekoki obat ekstasti inex hingga memberikan minuman dicampuri sabu. Kedua remaja itu berinisial AN al

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024