Ribuan Polisi Simulasi Penanggulangan Banjir di Kampung Pulo

Polisi tengah melakukan simulasi penanganan banjir di Kampung Pulo
Sumber :
  • Twitter @TMCPoldaMetro

VIVAnews - Kepolisian Daerah Metropolitan Jaya menyiapkan diri untuk membantu warga yang terkena banjir. Salah satunya yang menjadi target pengamanan rawan bencana banjir yakni di kawasan padat penduduk Kampung Pulo, Jakarta Timur.

Di kawasan tersebut, Polda Metro Jaya telah melakukan simulasi antisipasi banjir. Simulasi ini dilakukan bersama tim SAR Korps Brimob, dengan dihadiri Kapolres Jakarta Timur Kombes Pol Priyo Dwiyanto, Camat Jatinegara Syofian Taher, dan Lurah Kampung Melayu Bambang Pangestu

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Unggung Cahyono, mengatakan, simulasi ini berguna agar bisa tanggap ke lokasi banjir.

"Fokusnya yaitu kecepatan kita datang ke lokasi banjir, penyelamatan manusia, evakuasi manusia dan barang, serta pengamanan di lokasi banjir," ujar Unggung kepada wartawan, di Kampung Pulo, Jakarta Timur, Selasa 13 Januari 2015

Menurut Unggung, selain di Kampung Pulo, pihaknya telah memetakan 51 titik daerah untuk dilakukan pengamanan, termasuk di jalan-jalan raya yang rawan terkena banjir.

"Mapping itu yang harus diberikan untuk rasa aman, dan kita sudah lakukan gladi karena setiap tahunnya di lokasi ini (kampung Pulo) mengalami banjir parah," katanya.

Diketahui, dalam antisipasi pengamanan bencana banjir, Polda Metro Jaya telah menyiapkan  sebanyak 3.801 personel yang terdiri dari Satgas Pusat 577 personel, Satgas Polda 1.124 personel, dan Satgas Polres 2.100 personel. Selain itu, Polda Metro Jaya juga menyiapkan pelampung dan perahu karet untuk persiapan menghadapi banjir.

Baca juga:

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016