Benahi Lalu Lintas Jakarta, Ahok Jiplak Chicago

Perubahan jam macet di jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Vitalis Yogi-Trisna.

VIVAcoid - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengaku meniru konsep yang diterapkan oleh kota Chicago dalam membenahi kota Jakarta. Kota yang terletak di negara bagian Illinois, Amerika Serikat itu, kata Ahok, sapaan akrab Basuki, pada awalnya juga memiliki tingkat kesemrawutan yang serupa dengan Jakarta.

"Di sana semrawut, pembangunan gedungnya terlalu banyak," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Jumat, 16 Januari 2015.

Pemerintah kota Chicago, kata Ahok, kemudian mengambil strategi dengan membangun moda transportasi kereta rel ringan (light rail transit/LRT). Moda transportasi itu dibangun di atas jalur melayang di antara gedung-gedung perkantoran dan tidak memakan ruas jalan yang sudah telanjur sempit.

"Kami juga mau seperti itu. Kalau sudah kebanyakan gedung, ya kami taruh di jalan layang," ujar Ahok.

Maka dari itu, Ahok mengatakan, konsep pembenahan sektor transportasi serupa juga saat ini sedang diterapkan di Jakarta. Pemprov DKI diketahui tengah membangun jalur koridor 13 busway yang dibuat secara melayang (elevated) yang menghubungkan antara Ciledug dan Tendean.

Sementara itu, pembangunan LRT, saat ini, masih dalam tahap pembuatan desain rute yang dikerjakan oleh 2 BUMD milik Pemprov DKI, Pembangunan Jaya dan Jaya Konstruksi. (art)

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan

Baca juga:

Macet

Hujan Guyur Jakarta Malam Ini, Kemacetan di Mana-mana

Genangan air dan banjir juga terlihat. Semakin menyebabkan macet.

img_title
VIVA.co.id
29 Juli 2016