Ini Wilayah DKI Jakarta yang Tak Pernah Kebanjiran

Ilustrasi: Peta Laut Jawa utara Jakarta.
Sumber :
  • Repro - Google Map

VIVA.co.id - Banjir bukan hal yang aneh dan baru lagi menyapa Ibu Kota Jakarta. Setiap tahun banjir selalu rutin merendam Jakarta.

Seperti yang terjadi beberapa hari terakhir ini. Lebih dari 50 wilayah di lima wilayah kota di DKI Jakarta tak luput dari banjir.

Banjir tak hanya menerjang permukiman warga di tepian sungai. Banjir juga merambah hingga ke pusat pemerintah seperti Balai Kota Jakarta dan juga Istana Negara.

Namun, yang selama ini nyaris terlupakan, ternyata tidak semua wilayah Jakarta yang terdampak banjir musiman itu. Ada satu wilayah di Jakarta yang nyaris tidak pernah tersentuh bencana banjir sejak dahulu kala.

Wilayah itu berada di sebelah utara wilayah Kota Jakarta Utara. Letaknya berada terpisah dari induk provinsinya yang berada di bagian Pulau Jawa. Wilayah itu adalah Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu.

Bahkan, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat sempat berkelakar agar warga pindah ke kabupaten itu jika sudah bosan kebanjiran di Jakarta.

"Kalau kalian sudah bosan kebanjiran, pindah saja ke pulau seribu. Di sana laut semua," kata Djarot saat meninjau langsung lokasi pengungsian yang berada di Jalan Dan Mogot, Rawa Buaya, Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa, 10 Februari 2015.

Kelakar Djarot itu adalah sebuah kenyataan. Sebab dari zaman dahulu, belum ada laporan resmi yang menyatakan wilayah itu pernah terendam banjir.

Disebutkan, Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu merupakan sebuah kabupaten administrasi di DKI Jakarta. Wilayahnya meliputi gugusan kepulauan di Teluk Jakarta

Ada sekitar 20.000 jiwa yang menempati dan berdiam di kabupaten ini, mereka  tersebar di 11 pulau-pulau kecil berpenghuni.
 
Sebanyak 11 pulau tersebut di antaranya Pulau Untung Jawa, Pulau Pari, Pulau Lancang, Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung Kecil, Pulau Pramuka, Pulau Panggang, Pulau Harapan, Pulau Kelapa dan Pulau Sebira.

Baca juga:

Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan



Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016