Waspada, Cuaca Ekstrem Melanda April Nanti

Langit Jakarta diselimuti awan hitam.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
- Hujan lebat yang melanda Jakarta dan sejumlah wilayah Indonesia di awal bulan Februari 2015 ini ternyata belum dapat disebut sebagai cuaca yang ekstrem.

Langit Jabodetabek Berawan Minggu Pagi Ini

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) cuaca saat ini hanya berupa musim hujan tahunan yang menyebabkan durasi hujan lebih lama bahkan bisa mencapai 24 jam tanpa henti.
Malam Hari Ini Jakarta Diguyur Hujan


Ancaman cuaca ekstrem sebenarnya baru bakal terjadi di masa transisi iklim dan cuaca. Masa transisi itu diperkirakan berlangsung sekitar bulan April 2015 tepatnya di awal bulan.


Cuaca ekstrem ditandai dengan terjadinya hujan lebat berdurasi singkat yang disertai angin kencang atau puting beliung serta petir atau kilat.


"Masa transisi yang dimaksud adalah masa di mana terjadi perpindahan musim dari musim penghujan ke musim kamarau," kata Kepala Bidang Peringatan Dini Cuaca BMKG, Kukuh Ribudianto, Rabu, 11 Februari 2015.


Angin kencang yang terjadi di masa transisi dapat menciptakan pertumbuhan awan-awan Cumulonimbus (CB). Awan ini adalah awan berbahaya yang selalu menjadi musuh utama dan paling ditakuti pilot pesawat terbang.


"Nanti dari awan itu muncul petir kencang, awannya menyerupai bunga kol berwarna hitam pekat," papar Kukuh.


Menurut Kukuh, hujan dan angin kencang serta petir biasa akan terjadi di waktu siang menjelang malam hari.


"Sangat berbeda dengan hujan yang terjadi sekarang, karena cuaca ekstrem ini jarang sekali terjadi di pagi dan siang hari," katanya.


Kukuh mengimbau masyarakat untuk tetap waspada meskipun masa transisi itu masih terjadi dalam waktu cukup lama lagi.


Laporan: Siti Indah Lucanti - Jakarta


Baca juga:





Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya