Ahok: Kerjakan Dulu yang Mudah, yang Susah Tinggalkan

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama sidak UN
Sumber :
  • VIVA.co.id / Fajar GM
VIVA.co.id
Ahok: UN Online Tak Bikin Siswa Tegang dan Stres
- Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, melakukan peninjauan pelaksanaan ujian nasional (UN) jenjang SMA dan sederajat pagi ini. Sekolah pertama yang dikunjungi oleh Ahok, sapaan akrab Basuki, adalah SMKN 27 Jakarta.

Doa untuk UN Jadi Pencarian Tertinggi di Google

Kepada para siswa sekolah yang terletak di kawasan Sawah Besar, Jakarta Pusat itu, Ahok berpesan agar seluruh siswa senantiasa mengedepankan kejujuran dalam melaksanakan ujian.

"Jangan hanya pentingkan kelulusan ujian, kedepankan juga kejujuran," ujar Ahok kepada para siswa sebelum para siswa itu mulai melaksanakan ujiannya, Senin, 13 April 2015.

Dengan kejujuran, para siswa akan menjadi seorang pribadi yang berintegritas serta senantiasa memiliki etika dalam menjalankan kehidupannya. "Jujur itu lebih untung," kata Ahok.

Tak hanya berpaku terhadap kejujuran, Ahok meminta para siswa untuk memiliki sikap kreatif dalam menghadapi setiap persoalan. Kreativitas kata Ahok adalah suatu keterampilan yang sangat berguna.

Orang yang memiliki sikap kreatif akan memiliki cara pandang yang berbeda dalam menghadapi setiap persoalan dan tidak melulu terpaku kepada norma atau aturan yang biasanya bersifat kaku.

"Anak saya hanya dapat nilai rata-rata B di ujiannya. Itu enggak apa-apa. Yang lebih penting itu kita punya kreativitas dan relasi yang baik," ujar Ahok.

Tak lupa Ahok sempat memberikan trik kepada para siswa supaya lebih mudah dalam mengerjakan soal-soal ujian. "Kerjakan dulu yang mudah, yang susah ditinggal, kerjakan belakangan," tuturnya.

Usai memberikan sambutannya, Ahok menuliskan sebuah pesan di sebuah papan tulis berwarna putih. Adapun isi dari pesan itu adalah "Pendidikan adalah yang terpenting setelah kesehatan. Kejujuran dan hati yang melayani sesama adalah tujuan hidup sehat dan terdidik. Semoga seluruh alumni SMKN 27 Jakarta dan para staf dan pelajarnya menjadi pelaku-pelaku dan teladan, cek di hal-hal di atas".

Turut serta dalam peninjauan ini, Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman dan Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede. Ada 293 siswa yang mengikuti UN di SMKN 27 Jakarta.

Jokowi Doakan Semua Siswa Lulus dengan Nilai Baik

Mereka berasal dari beberapa jurusan yaitu Jasa Boga, Pattisery, Usaha Perjalanan Wisata, Tata Busana, Akomodasi Perhotelan, Tata Kecantikan Kulit, dan Tata Kecantikan Rambut.

Usai mengunjungi SMKN 27 Jakarta, Ahok dijadwalkan untuk melakukan peninjauan serupa di SMA Santa Ursula. (art)

![vivamore="Baca Juga :"]

[/vivamore]
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya