Tak Pakai Seragam PNS, Ahok Pecat Kepala SMAN 3

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Mantan Kepala SMAN 3 Menang, Ahok: Retno Tuntut Apa Sih
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memastikan Retno Listyarti akan dipecat dari jabatannya sebagai seorang kepala sekolah.

Dewan Bakal 'Damaikan' Retno dan Ahok

"Memang mesti dipecat dong. Dinas (Dinas Pendidikan DKI Jakarta) yang akan lakukan, bukan saya," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Jum'at, 17 April 2015.
Djarot: Retno Tak Boleh Lupa Tugasnya Sebagai Guru


Sebelumnya, pada saat pelaksanaan hari pertama Ujian Nasional (UN) tingkat SMA dan sederajat pada hari Senin, 13 April 2015, Retno diketahui berada di SMAN 2 Jakarta untuk menyambut kedatangan Presiden Joko Widodo, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, dan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang pada saat itu meninjau pelaksanaan UN di sekolah yang terletak di kawasan Tamansari, Jakarta Barat itu.


Padahal, Retno adalah kepala SMAN 3 Jakarta yang terletak di kawasan Setiabudi, Jakarta Selatan. Pada hari itu, Retno juga diketahui melakukan wawancara langsung dengan sebuah stasiun televisi yang meminta pernyataannya soal pelaksanaan UN. Retno beralasan, kedatangannya ke SMAN 2 Jakarta pada waktu itu dalam kapasitasnya sebagai Sekretaris Jenderal Forum Serikat Guru Indonesia (FSGI).


Kendati demikian Ahok menyatakan Retno seharusnya lebih mengutamakan posisinya sebagai seorang kepala sekolah.


"Kalau Anda mau jadi Sekjen, Anda berhenti saja jadi kepala sekolah," ujar Ahok.


Bilapun tidak sampai dipecat, Ahok mengatakan Retno pasti akan mendapatkan sanksi yang cukup berat. Retno diketahui tidak mengenakan seragam PNS saat berada di SMAN 2 Jakarta. Padahal para kepala sekolah, pada waktu itu seharusnya melaksanakan kewajibannya sebagai PNS Dinas Pendidikan dengan mengawasi pelaksanaan ujian di sekolahnya masing-masing.


"Dinas yang akan putuskan sanksinya," ujar Ahok.


Selain itu, Ahok juga mempertanyakan rangkap jabatan Retno di FSGI.


"Anda itu kepala sekolah, bukan cuma guru, tetapi Anda masih pegang organisasi," ujar Ahok.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya