Siap-siap, Pukul 16.30 WIB Jalan Protokol Bakal Ditutup Lagi

Pengamanan Konfrensi Asia Afria
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Warga Jakarta diharapkan mencari jalan alternatif kembali saat jam pulang kerja nanti. Sebab, jalan utama kota Jakarta bakal ditutup selama satu jam sama seperti pagi tadi.

Sambangi RI, Sekjen OKI Bahas Upaya Pemberantasan Terorisme

Penutupan ini dikarenakan para kepala negara yang menghadiri acara Konferensi Asia Afrika di Jakarta Convention Center (JCC) akan pulang ke hotel masing-masing yang tersebar di beberapa kawasan.

"Sama seperti pagi tadi, sejumlah jalan akan ditutup karena kepala negara akan balik dari JCC Senayan ke hotel masing-masing," ujar Kepala Subdit Pendidikan dan Rekayasa Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Warsinem, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu 22 April 2015.

Warsinem mengatakan, penutupan jalur dilakukan pada pukul 16.30 WIB yaitu di beberapa jalan seperti Jalan Sudirman, Thamrin, Gatot Subroto, Senayan dan Rasuna Said.

"Bundaran Senayan ke arah Semanggi akan ditutup. Kendaraan akan dialihkan ke Jalan Asia Afrika dan berlaku di semua simpang Jalan Sudirman Thamrin," ujarnya.

Dia juga mengatakan, kepala negara dan sejumlah tamu negara akan keluar melalui pintu tujuh JCC Senayan. Jadi, dari dari arah lapangan tembak ke utara depan TVRI jalanan steril dan tidak boleh dilewati.

"Bagi yang sudah terlanjur lewat akan dialihkan ke Pejompongan dan melewati Bendungan Hilir," lanjutnya.

Dia juga mengatakan, Jalan Kuningan atau Rasuna Said juga tetap ditutup dan dari arah Universitas Atma Jaya menuju Cawang ke Gatot Subroto juga akan ditutup dan diluruskan kearah Senopati, Mampang, Tendean lalu ke arah Pancoran.

Setelah para tamu negara kembali ke hotel masing-masing, jalanan kembali ditutup dikarenakan adanya jamuan makan malam oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara.

"Jalur ke arah Istana akan ditutup juga pada jam 19.00 WIB-20.00 WIB. Lalu setelah itu lalin normal sampai para Kepala Negara balik ke hotel lagi sekitar pukul 22.00 WIB-23.00 WIB," ujarnya.

Mengenai jalur TransJakarta dan pembangunan MRT, Warsinem juga mengatakan tetap memberlakukan aturan penutupan jalur TransJakarta dan pembangunan MRT dihentikan sementara.

"Tambahan mengenai penutupan, pintu keluar Tol Slipi, Senayan, Semanggi ditutup dan diluruskan, lalu keluar Tol Tegal Parang," tambahnya.

Untuk itu, Warsinem menyarankan kepada masyarakat agar mencari jalur alternatif sehingga kegiatan penutupan ini berjalan lancar.

"Kami harap sosialisasi dari kami sampai kepada masyarakat. Soalnya banyak pengguna jalan tadi pagi mengaku tidak tahu sosialisasi penutupan jalan selama KAA berlangsung," ujar Warsinem.

Dia juga ingin masyarakat membantu melancarkan dan mensukseskan gelaran KAA dan bersabar akibat penutupan jalur selama beberapa hari ini.

"Penutupan rencananya sampai Jumat pagi di mana para kepala negara terbang ke Bandung dari Bandara Halim Perdanakusuma," tambah dia. (one)

Megawati: Perang Tak Selesaikan Masalah Timur Tengah
Menlu RI, Retno LP Marsudi.

RI Terima 200 Permintaan Bantuan Negara Lain

Jumlahnya terus bertambah hingga saat ini.

img_title
VIVA.co.id
9 November 2015