Ada Taman Peredam Egois di Jakarta

Veronika Tan
Sumber :
  • Fajar GM
VIVA.co.id
Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok meresmikan dua ruang terbuka terpadu ramah anak (RPTRA) di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta yang juga istri dari Ahok, Veronica Tan, mengatakan, taman terbuka itu dibangun salah satunya adalah untuk menghilangkan sikap egoistis yang selama ini sering melekat di masyarakat yang hidup di perkotaan.
Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024


"Taman ini akan menjadi tempat berkumpul warga. Dengan adanya taman-taman seperti ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta ingin bisa terbentuk komunitas-komunitas warga," ujar Veronica, Rabu, 13 Mei 2015.


Veronica Tan menuturkan, taman itu dibangun berkat kerja sama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan beberapa perusahaan yang menyumbangkan CSR-nya.


"Setiap batu dan semen ada campur tangan warga. Inilah bentuk gotong royong di antara kita," ujar Veronica.


Gotong royong seperti itulah, kata Veronica, yang diharapkan meningkatkan rasa kebersamaan warga dan menghilangkan sikap egoistis yang ia sebutkan. Cara seperti ini juga diharapkan menimbulkan rasa memiliki kepada warga. Setelah usai dibangun, pemeliharaan taman akan diserahkan sepenuhnya kepada warga.


"Sejak bulan November telah dilakukan sosialisasi untuk cara pemeliharaan tamannya," ujar Ahok.


Sementara itu Ahok mengatakan, pembangunan taman seperti ini dilakukan untuk menyediakan tempat berkumpul bagi warga. Setiap taman dilengkapi beragam fasilitas umum seperti taman bermain, taman bacaan, minimarket, lapangan olahraga, pusat jajanan, hingga wi-fi gratis.


"Anak muda mau main band, mau main gendang bisa pakai tempat ini. Di Jakarta ini anak mudanya kreatif-kreatif, hanya harga sewa tempat untuk menyalurkan kreativitasnya yang memang mahal," ujar Ahok.


Pemprov DKI sendiri, telah meresmikan pembangunan 3 RPTRA pada tahun ini. Ahok mengatakan, dalam waktu dekat, sebanyak 3 RPTRA lagi akan diresmikan penggunaannya. Selain itu, sepanjang tahun ini DKI juga ditargetkan bisa membangun sebanyak 52 RPTRA.


Pada tahun mendatang, kata dia, target pembangunan RPTRA itu mencapai 150 lokasi. Dana pembangunannya berasal dari APBD, kewajiban pengembang, serta CSR dari perusahaan swasta dan BUMD.


"Ini supaya orang enggak bilang kalau Ahok cuma ngomong doang. Kita akan terus bikin taman-taman seperti ini supaya warga ada tempat buat ngumpul. Kita juga akan mudah tahu bila ada warga yang membutuhkan bantuan. RT, RW, Lurah dan Camat bisa mudah memberikan bantuan," ujar Ahok.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya