Kado Ulang Tahun Jokowi untuk Ahok

pelantikan ahok sebagai gubernur DKI
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, menerima karangan bunga ucapan selamat dari Presiden Joko Widodo di hari ulang tahunnya yang ke-49 yang jatuh pada hari Senin, 29 Juni 2015 kemarin.

"Pak Jokowi kasih bunga saja," ujar Ahok, sapaan akrab Basuki, di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa, 30 Juni 2015.

Meski demikian, Ahok mengaku belum berbincang langsung dengan bekas rekannya di Pemerintah Provinsi DKI yang kini telah menjadi Presiden RI itu.

"Belum ada komunikasi," ujar Ahok.

Ahok dilahirkan di Manggar pada 29 Juni 1966. Ia menghabiskan masa kecilnya di kota yang saat ini menjadi bagian adminstratif dari Kabupaten Belitung Timur itu hingga ia memutuskan 'hijrah' ke Jakarta untuk menuntut ilmu di Jurusan Teknik Geologi Universitas Trisakti dan Manajemen Keuangan Sekolah Bisnis Prasetya Mulya.

Pada tahun 2004, ia memulai karier politiknya dengan bergabung di Partai Perhimpunan Indonesia Baru (PPIB) dan menjadi anggota dewan di DPRD Belitung Timur.

Ia kemudian berhasil menjadi Bupati Belitung Timur dari tahun 2005 hingga 2006.
Pada tahun 2009 hingga tahun 2012, Ahok menjadi anggota DPR dari fraksi Partai Golkar.

Karier politik Ahok melesat saat ia menjadi Wakil Gubernur DKI pada tahun 2012 dengan dicalonkan oleh Partai Gerindra. Pada tahun 2014, karena perbedaan sikap dengan partai berlambang burung garuda itu, Ahok memutuskan keluar.

Jokowi: Indonesia Bangga Raih Perak Pertama

Karier politik Ahok mencapai puncaknya menjelang akhir tahun 2014 saat ia menjadi Gubernur DKI Jakarta, menggantikan Gubernur sebelumnya, Joko Widodo, yang terpilih menjadi Presiden.

Ilustrasi formulir pajak

Presiden Jokowi Santai UU Amnesty Digugat

"Sudah jadi budaya di Indonesia."

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016