Copet, Calo dan Pelaku Pelemparan Kereta Mulai Ditangkap

Apel pasukan Operasi Ketupat 2015
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Pengamanan di titik rawan kejahatan saat mudik Lebaran mulai diperketat oleh petugas polisi di wilayah yang berada di bawah koordinasi Polda Metro Jaya. Selain pengamanan, kegiatan operasi juga dilakukan untuk memburu para pelaku kejahatan di stasiun, terminal dan pelabuhan.

"Berbagai operasi telah dilakukan, calo, premanisme, copet Stasiun Senen dan Terminal Kampung Rambutan sudah ditangkap," ujar Kapolda Metro Jaya, Irjen Toto Karnavian, Kamis 9 Juli 2015, kepada Kapolri Jenderal Badrodin Haiti melalui teleconference.

Selain itu, penangkapan juga dilakukan kepada pelaku pelemparan kereta di wilayah Bekasi dan Jakarta Timur. "Pelemparan kereta api di Jaktim dan Bekasi sudah ditangkap," kata Tito.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Selain itu, guna menekan angka kejahatan, Polres Jakarta Pusat juga menyebar pamflet imbauan kepada warga. Terutama agar tidak mudah percaya dengan orang yang baru dikenal dan tidak menerima makanan dan minuman. Selain, jangan menggunakan perhiasan berlebihan saat mudik Lebaran.


Pos keamanan bagi warga
 
Pemudik yang akan menggunakan moda transportasi kereta api di Stasiun Senen tak perlu khawatir apabila ingin mencari bantuan. Di lokasi sudah didirikan pos pengamanan Lebaran pelayanan Operasi Ketupat Jaya 2015.

Berbagai upaya dilakukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman, serta melindungi warga yang akan mudik.‎ Polsek Senen mendekorasi pos pengamanan.

Pos dipenuhi  bunga, beberapa alat elektronik, seperti komputer, tv, yang lantainya beralaskan karpet berwarna merah.

"Ini semua kita lakukan agar warga merasa nyaman," kata Kapolsek Senen, Kompol Kasmono.

Menurut Kasmono, mendekorasi pos pelayanan dilakukan karena semua pejabat dan warga yang hendak mudik akan tertuju terhadap pos pelayanan yang ada.

"‎Semua pejabat, semua masyarakat matanya tertuju ke sana, sehingga pos pelayanan ketupat 2015 kita dirikan sebagus mungkin," katanya.

Tak jauh berbeda dengan di Stasiun Senen, pos pengamanan di Stasiun Gambir juga terlihat mewah. Bahkan, dilengkapi dengan AC yang dipasang guna memberikan kesan sejuk pada para pemudik.

"Kalau mau mudik, pemudik tidak akan mencari Polres dan Polsek kalau mau melapor, pasti ke pos. Untuk itu, kami mendekorasi sebaik mungkin, ini guna memberikan kesan nyaman bagi mereka," ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes (Pol) Hendro Pandowo.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin

Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai

Lebaran pegang andil besar naiknya inflasi.

img_title
VIVA.co.id
1 Oktober 2015