Mudik, 1,5 Juta Kendaraan Akan Keluar dari Jakarta

Suasana arus Mudik
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kepala Subdit Pendidikan dan Rekayasa Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Ipung Purnomo memperkirakan, sebanyak 1,5 juta kendaraan akan keluar dari Jakarta saat arus mudik 2015.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

"Sekitar 1,5 juta kendaraan akan keluar dari Jakarta ke daerah baik ke Sumatera maupun Jawa," ujar Ipung kepada VIVA.co.id.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub Julius Adravida Barata mengatakan, dalam mudik tahun ini pihaknya memfasilitasi untuk membantu mengirimkan sepeda motor ke Kampung Halaman masing-masing.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

Dari data yang dihimpun, ada 13.575 unit sepeda motor yang akan diangkut oleh beragam sarana angkutan seperti truk, kereta api, hingga kapal laut ke berbagai kota tujuan di Pulau Jawa.

"Seluruh kuota pengangkutannya sudah terpenuhi," ujar Barata.

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Barata menjelaskan, ada sebanyak 2.900 unit sepeda motor yang akan diangkut oleh truk. 2.900 sepeda motor itu akan diangkut oleh sebanyak 64 unit truk dari lokasi pelepasan di Lapangan Parkir Gudang Bulog, ke 8 kota tujuan yaitu Purwokerto, Kebumen, Wonosobo, Magelang, Yogyakarta, Solo, Wonogiri, dan Tegal.

"Menteri Perhubungan Pak Ignasius Jonan yang akan melakukan pelepasannya," ujarnya menambahkan.

Pelepasan rencananya akan dilakukan pada hari Senin, tanggal 17 Juli 2015. Sementara itu para pemilik sepeda motor akan diberangkatkan keesokan harinya dengan 149 unit bus dari arena Jakarta International Expo, Kemayoran.

Barata mengatakan, Kemenhub juga mengangkut sebanyak 4.911 unit sepeda motor dengan sarana angkutan kereta api. Ribuan sepeda motor itu akan diberangkatkan secara bertahap dari Stasiun Jakarta mulai tanggal 11 hingga 15 Juli 2015 ke beberapa kota di Jawa Tengah seperti Tegal, Semarang Tawang, dan Pekalongan di jalur lintas utara kereta api, serta Solo Jebres, Lempuyangan, Kutoarjo, dan Kroya di jalur lintas selatan kereta api.

Sementara, untuk sepeda motor yang diangkut oleh sarana angkutan kapal laut, Barata mengatakan, ada sebanyak 6.078 sepeda motor yang akan menempuh perjalanan laut untuk sampai ke 2 pelabuhan tujuan, yaitu Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang, dan Pelabuhan Tanjung Perak di Surabaya.

Ribuan unit sepeda motor itu akan diangkut oleh 2 kapal laut, yaitu KM Dobonsolo milik Pelni, dan KRI Banda Aceh milik TNI AL. Dua kapal laut itu akan pulang pergi mengantarkan ribuan unit sepeda motor pada tanggal 11, 12, 13 dan 15 Juli 2015.

Barata menjelaskan, program pengangkutan sepeda motor para pemudik ini merupakan program tahunan dari Kemenhub. Pada tahun 2014, Kemenhub mengangkut sebanyak sebanyak 16.672 sepeda motor. Pada tahun 2013, Kememhub hanya mengangkut sebanyak sebanyak 5.202 sepeda motor.

"Jumlah peningkatannya 320 persen dari tahun 2013 ke tahun 2014."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya