Besok, Puncak Arus Mudik Kendaraan Bermotor

Pemudik diharapkan tidak menunggu sampai masa liburan habis, sehingga tak menumpuk di jalan.
Sumber :
  • www.tmcpoldametrojaya.com
VIVA.co.id
Kurangi Macet, Operator Tol Siapkan Receh Hingga Rp1 Miliar
- Puncak arus mudik kendaraan bermotor dari Jakarta diperkirakan terjadi besok, Selasa 14 Juli 2015. Menurut Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Dirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ipung Purnomo, besok juga merupakan hari terakhir mudik bareng yang diselenggarakan sejumlah instansi.

Antisipasi Arus Balik, Petugas Gardu Tol Cipali Diperbanyak

"Kita prediksikan arus puncak mudik lebaran pada besok menuju sejumlah tempat di daerah Jawa dan Sumatera," ujar Ipung ketika dihubungi VIVA.co.id, Senin 13 Juli 2015.
Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen


Ipung juga menambahkan, besok juga merupakan jadwal terakhir Mudik bareng juga diselenggarakan oleh beberapa instansi, baik pemerintah maupun swasta.


Menurut Ipung, Arus mudik didominasi oleh kendaraan bermotor, baik sepeda motor, mobil pribadi dan angkutan umum bus.


"Diprediksi kendaraan yang akan keluar dari Jakarta selama arus mudik yakni sekitar 1,5 juta kendaraan," katanya.


Ipung menjelaskan, puncak arus mudik terjadi pada besok dikarenakan sebagian pegawai mulai mengambil libur pada hari tersebut. Selain itu, puncak arus mudik dari Jakarta tersebut mulai terjadi dari sehabis buka hingga malam hari.


"Pegawai hari ini masih kerja, besok mulai libur serempak itu. Sementara itu, kalau kendaraan pribadi biasanya mulai dari habis sahur dan setelah buka puasa," lanjut Ipung.


Untuk penjagaan untuk arus mudik ini, Polda Metro Jaya mengerahkan sebanyak 6.642 personel. Personel tersebut disebar dan ditempatkan di beberapa pos pelayanan dan pengamanan mudik lebaran.


"Di pos pelayanan ada bengkel, ada dokter, ada juga psikiater kita siapakan untuk antisipasi. Apabila mudik kelelahan bisa istirahat, apabila kurang enak badan bisa berobat di situ. Apabila kendaraan gangguan, bisa dibenari di situ, ada SPBU dan tempat ibadah juga," kata Ipung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya