Ini Penyebab Sepinya Terminal Pulogadung Saat Arus Balik

Suasana di salah satu terminal bus di Jakarta / Ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kementerian Perhubungan mencatat, bahwa jumlah pemudik yang melakukan perjalanan mudik dan balik melalui terminal Pulogadung menurun pada tahun ini. Berdasarkan data dari Kemenhub, pada lebaran 2015 terjadi penurunan yang cukup signifikan.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Hary Kriswanto mengatakan, melalui peninjauan lapangan, terdapat penurunan penumpang dibanding 2014.

"Menurunnya begini contoh ya, faktanya saja, pada saat saya ke Pulogadung itu, di dalam catatan pergerakan penumpang itu, pada H-3 2014, jumlah penumpangnya 4.186, tapi tahun ini menurun menjadi 3.185 penumpang. Hari lainnya juga tidak jauh beda," ujar Hary di Road Transport Traffic Management Center (RTTMC) Kemenhub, Selasa 21 Juli 2015.

Lebaran 2015, Pendapatan PT KAI Melebihi Target.

Hary menuturkan, penurunan penumpang yang menggunakan terminal angkutan ini, terjadi karena ada kecenderungan pemudik menggunakan moda transportasi lain, seperti pesawat dan kereta api.

"Banyak yang mudik pakai kendaraan pribadi juga," jelasnya.

Pengguna KRL Naik 26 Persen Selama Libur Lebaran

Hary mengatakan, bahwa arus mudik dan balik masyarakat melalui moda transportasi udara dan kereta api juga meningkat, sehingga setiap moda memiliki kapasitas yang merata. Selain secara kualitas, Hary menegaskan, bahwa jumlah kendaraan pun perlu dioptimalkan, untuk menampung jumlah pemudik pada lebaran 2015.

"Karena antara kuantitas kendaraan juga harus berimbang dengan kapasitas orang mudik ataupun balik," ujarnya.

Pemudik yang mengendarai sepeda motor.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

Menurutnya, tantangan besar untuk menurunkan angka kecelakaan.

img_title
VIVA.co.id
28 Juli 2015