Unik, Upacara Bendera di Tengah Sungai

Upacara bendera di Ciliwung.
Sumber :
  • VIVA/Zahrul Darmawan (Depok)

VIVA.co.id - Untuk merayakan kemerdekaan ke -70 RI, ratusan warga Depok menggelar upacara bendera di tengah Sungai Ciliwung. Kegiatan ini juga diikuti sejumlah relawan dari Komunitas Ciliwung Depok (KCD), PNS dan pelajar dari beberapa sekolah di kota tersebut.

Perngati HUT RI, Veteran Perang Tabur Bunga di TMP Semarang

Ketua pelaksana pengibaran bendera, Bayu Eko, menuturkan, kegiatan ini dilakukan tidak hanya untuk membangkitkan rasa nasionalis semata, namun juga sebagai ajakan kepada masyarakat untuk tidak merusak Ciliwung.

"Nilai perjuangan tidak hanya berkobar saat masa perjuangan. Tapi tetap harus ada dalam sanubari masyarakat, termasuk dalam membebaskan Ciliwung dari kerusakan oleh alam dan perusak oleh manusia," ujarnya.

Srikandi, Satgas Pemburu Kejahatan pada Anak dan Perempuan

Dalam beberapa kegiatannya, komunitas dari relawan Ciliwung Depok kerap menemukan bukti kerusakan dan perusakan daerah aliran sungai (DAS) Ciliwung.

"Namun, di sekitar Pancoran Mas, Depok, kondisi kerusakan Ciliwung tidak terlalu parah dibanding wilayah lain. Untuk itu, dengan momentum ini, kami ingin mengajak agar kita semua ikut menjaga Ciliwung," ucap Bayu.

Mengintip Nasionalisme Warga Kampung Bendera di Surabaya
Layaknya upacara bendera pada umumnya, proses upacara di Ciliwung juga berlangsung cukup hikmat. Kegiatan ini juga sempat menjadi pusat perhatian para pengguna jalan yang tengah melintas jembatan Sungai Ciliwung.
Aparat gabungan di Depok patroli keamanan saat demo 4 November

Cara Aparat di Depok Jaga Keamanan Saat Demo 4 November

Petugas melakukan patroli ke sejumlah lokasi.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016