Ahok Ingin Semua Muslim Jakarta Bisa Baca Alquran

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Bocah 7 Tahun Tewas Usai Keracunan Mi Instan di India, Anggota Keluarga Kritis di Rumah Sakit
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok berjanji akan berupaya secara perlahan memberantas buta Alquran di ibu kota.

Lalu Muhammad Zohri Berjuang Keras Demi Tiket Olimpiade 2024

Ahok mengatakan, dia telah merencanakan banyak hal agar masyarakat Jakarta, khususnya umat Islam, dapat belajar dan mengembangkan ilmu-ilmu Islam.
KPU Tegaskan Caleg Terpilih Tak Harus Mundur dari Jabatan jika Ikut Pilkada, Begini Aturannya


Beberapa di antaranya adalah membangun berbagai fasilitas penunjang agar memudahkan masyarakat belajar dan mengembangkan ajaran Islam.


"Tahun depan kita akan bangun gedung kapasitas dua ribu siswa, seperti pesantren tapi sekolah umum, kami ingin anak-anak Jakarta bukan hanya
pinter
tapi berakhlak dengan baik, bebas dari buta Quran," kata Ahok, Jumat 21 Agustus 2015.


Selain itu, Ahok juga akan memaksimalkan fasilitas yang telah ada, seperti Islamic Center, untuk dijadikan pusat sejarah dan budaya Islam. Karena, menurut Ahok, kultur budaya Islam Indonesia sangat kental dengan peradaban timur yang santun dan bermartabat.


"Saya kira bangsa Indonesia lebih Islam dari asalnya (Arab), makanya Islamic Center betul-betul kita jadikan pusat untuk mengembangkan itu," ujarnya.


Ahok menuturkan, niat memberantas buta Alquran itu terinspirasi dari kegiatan Muslim Tiongkok yang sangat memperhatikan akhlak bagi seluruh komunitas Muslim. Dia pun mengutip sebuah hadis Nabi Muhammad SAW sebagai landasan serta pijakan rencananya itu.


"Kami kerjasama juga dengan ulama dari Tiongkok, mereka tidak hanya hafal 30 juz tapi juga bisa bahasa arab dengan baik, saya yakin pembinaan semakin baik, sama yang dilakukan dengan Muslim Tiongkok, saya ingat
utlubul ilma walau bissin'
(carilah ilmu walaupun ke negeri Cina)," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya