Akhirnya, Busway Lintasi Kota Depok

Kota Depok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan
VIVA.co.id
Bus Transjakarta Terbakar di Kemayoran
- Puluhan bus Transjabodetabek resmi beroperasi di Kota Depok, Senin 7 September 2015. Bus PPD yang menyerupai busway ini akan melewati sejumlah jalur khusus menuju Jakarta dengan harga hanya Rp9.000.

TransJakarta Hentikan Operasi Bus Abu-abu Koridor 4 dan 6

Kepala Dinas Perhubungaan Kota Depok, Gandara Budiana, mengungkapkan, sebanyak 28 bus tersebut terintegrasi dengan Transjakarta (busway).
Lapor soal Layanan TransJakarta, Ahok Akan Beri Hadiah


"Jalurnya dari sini (Terminal Depok) melewati Jalan Margonda, Jalan Juanda, lewat Tol Cijago, PGC, Cilitan dan Grogol. Dari sini Rp 9.000 ke Jakarta," jelas Gandara.


Sama seperti busway, bus Transjabodetabek juga tidak sembarang menaik dan turunkan penumpang.


"Kita tidak buat jalur khusus, dari Terminal Depok tidak berhenti, jalan lewat Margonda, Juanda, Tol Cijago baru berhenti di koridor-koridor Busway, seperti PGC, Grogol dan seterusnya," kata Gandara.


Lebih lanjut Gandara menambahkan, masih melihat dan mengevaluasi keberadaan bus Transjabodetabek. Jika mengurangi kemacetan, dia berencana akan menambah koridor sehingga lebih memudahkan warga.


"Situasional, kalau nanti ada penambahan kita lihat nanti. Yang jelas 20 menit sekali bus ini jalan," ujar dia.


Di tempat yang sama, Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa Lalu Lintas Polres Depok, Ajun Komisaris Rasman berharap, kehadiran Bus Transjabodetabek ini mampu mengurangi dampak kemacetan yang ada di Depok maupun Jakarta.


"Harapan kami tentu saja bus ini dapat mengurangi penggunaan mobil pribadi. Dengan begitu dampak kemacetan juga semakin berkurang," ucap Rasman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya