Wah, Akibat Banyak Makan Ribuan PNS Depok Jadi Gendut

Ilustrasi ASN.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

VIVA.co.id - Lebih dari 2.000 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mengalami masalah dengan bobot tubuh.

Menurut catatan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, para PNS itu memiliki bobot tubuh yang tidak ideal, alias kegemukan. Jumlah PNS yang gemuk itu didapat dari pendataan indeks massa tubuh PNS tahun 2014.

Kepala Seksi Pelayanan Dasar dan Rujukan Dinkes Kota Depok, Zakiah, menjelaskan dari data yang diujikan itu, sekitar 33 persen PNS mengalami obesitas kelas 1 dan delapan persen obesitas kelas 2.

"Kriteria PNS obesitas kelas 1 dan 2, dites kebugaran hasilnya kurang dan sangat kurang sekali. Bahkan, angkanya sampai 95 persen yang kebugarannya kurang," ucapnya, Selasa 15 September 2015.

Zakiah mengakui, angka itu didapat setelah pihaknya melakukan indeks massa tubuh 2.332 PNS dari 7.752 PNS se-Kota Depok. Total ada 960 PNS yang kegendutan dari hasil yang diuji. "Tetapi, bila ditotal keseluruhan lebih dari 2.000 PNS Depok, kelebihan berat badan," katanya. (asp)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Zakiah mengklaim, penghitungan pemerintah atas indeks massa tubuh ini menggunakan standar Asia Pasifik, dengan metode penghitungan berat badan dibagi tinggi badan yang dikuadratkan.

Hasil parameternya dibagi menjadi empat yakni, obesitas kelas 2 dengan point mencapai 30, kelas 1 mencapai 25-30, overweigh 23-25, healty weight 18,5-23, under weight kurang dari 18,5.

"PNS di Depok banyak yang gendut karena malas berolahraga dan tidak menjaga pola makan. Bayangkan di Margonda banyak menyajikan rumah makan yang menggiurkan dan menjadi langganan PNS Depok," katanya.

Kondisi ini semakin diperparah dengan aktifitas fisik pegawai di tempat kerja sangat minim. Terkait hal ini, pemerintah pun telah mengajukan kepada Walikota agar kebugaran menjadi parameter untuk pertimbangan kenaikan jabatan.

" Jadi, ke depan akan membuat kartu keterangan bugar. Kartu tersebut bakal berfungsi untuk penilaian kebugaran kalau pejabat ingin naik pangkat. Sudah diajukan dan sedang dipertimbangkan," ujarnya.

Untuk mencegah agar PNS tidak banyak yang gendut Dinkes sudah mempunyai program khusus dan terus memonitoring kebugaran mereka. Setiap Jumat setiap PNS diwajibkan berolahraga, sesuai dengan tingkat kebugaran.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Dinkes juga melakukan program peningkatan dan pengembangan kesehatan tatalaksana kebugaran yang mengacu pada Undang-undang kesehatan nomor 36 tahun 2009.

"Kami mendorong PNS meningkatkan aktifitas fisik dan rutin melakukan pemantauan berat badan," kata Zakiah.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024