ATM Korban Banjir DKI Bisa Tangkal Pencuri Bantuan

Seorang bocah bantu arahkan kuda terobos banjir di Jakarta
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside

VIVA.co.id - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memiliki sistem baru untuk membantu korban banjir Jakarta. Mulai tahun depan korban banjir akan diberi kartu ATM e-Natura.

e-Natura merupakan kartu ATM dari Bank BRI yang digunakan Pemprov DKI untuk menyalurkan dana taktis penanganan musibah kepada pengungsi. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, mengatakan perubahan dilakukan karena sistem bantuan tunai dianggap kurang efektif.

"Sistem konvensional, dalam tanda kutip mudah direkayasa. Sistem sekarang mudah dicuri. Saya lihat sendiri satu orang bisa ambil banyak banget sedangkan korban yang lain tidak ada," kata Djarot di Balaikota, Jakarta, Rabu, 18 November 2015.

Menurut Djarot, sistem e-Natura akan resmi diterapkan 2016. Tahun ini Dinas Sosial DKI Jakarta telah terlanjur belanja untuk bantuan korban banjir.

"Tahun ini belum. Dia (Dinsos) sudah siap. Mulai tas sekolah, seragam, bahan makanan. Ya, dipastikan tahun 2016," ujarnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pengendalian dan Informatika Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI, Bambang Surya Putra, mengatakan bahwa melalui kartu e-Natura warga tidak bisa membelanjakan uang bantuan di sembarang tempat.

Pemerintah Provinsi DKI bermaksud untuk tetap menjaga pergerakan roda ekonomi di daerah bencana. Kantor wilayah seperti Kelurahan dan Kecamatan akan mendata toko atau warung yang masih bisa beroperasi di daerah bencana.

Menkeu Sebut Jumlah Dana Pemda Mengendap di Bank Capai Rp 180,9 Triliun

Menteri Sosial Tri Rismaharini

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik

Pakar komunikasi politik mengatakan sosok Menteri Sosial Tri Rismaharini cukup populer di Jawa Timur tetapi elektabilitasnya tidak setinggi Khofifah Indar Parawansa.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024