Polda Metro Terjunkan 6.000 Personel Amankan Demo Buruh

Demo buruh di depan Istana Negara, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta.
Sumber :
  • Danar Dono
VIVA.co.id
LBH Jakarta Tuding BAP Palsu Dibuat Bagi 26 Terdakwa Aktivis
- Kepolisian Daerah Metro Jaya siap mengamankan aksi mogok kerja sejumlah elemen buruh di beberapa wilayah di Jakarta dan sekitarnya yang dimulai hari ini, Selasa, 24 November 2015 hingga 27 November 2015.

"Polda Metro Jaya siap melakukan pengamanan," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal, di Mapolda Metro Jaya, SeninĀ  kemarin.

Alasan Delapan Tukang Becak Ingin Terobos Istana

Iqbal menjelaskan, Polda Metro Jaya dan Polres jajaran mengerahkan 6.000 personel untuk melakukan pengamanan.

"Kami juga sudah melakukan berbagai tahapan, melakukan komunikasi dengan semua elemen buruh, pengurus elemen buruh," jelasnya.

Dekati Pagar Istana, Delapan Pengujuk Rasa Ditangkap

Iqbal mengimbau, kepada massa buruh agar melaksanakan penyampaian pendapat di muka umum dengan tertib sesuai dengan Undang-Undang.

"Teman-teman buruh memang sesuai UU Ketenagakerjaan, mogok kerja diatur. Undang-undang memberikan hak kepada buruh untuk mogok, namun ada tata cara aturannya," katanya.

Menurut Iqbal, massa buruh tidak boleh melakukan aksi sweeping, menutup jalan tol, dan melakukan aksi anarkis.

"Semua berjalan tertib. Polda Metro Jaya akan amankan sesuai dengan perkiraan matang intelijen dan hasil koordinasi serta komunikasi dengan teman-teman buruh. Kami akan tetap lakukan upaya penegakan hukum, jika ada pelanggaran. Polda Metro Jaya dan buruh sahabat, tidak bermusuhan. Namun, sesuai undang-undang kami harus melakukan penertiban dan penegakan hukum kalau ada pelanggaran," papar Iqbal.

Aksi unjuk rasa akan digelar di sentra-sentra industri di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Seperti di Jababeka Bekasi, MM2100, Kawasan Pulogadung, KBN Cakung, Marunda, Tanjung Priok, dan daerah Tangerang.

"Mogok kerja di sentra pabrik-pabrik. Mereka melakukan aksi di sana. Kami akan lebih fokus memprioritaskan pengamanan di Bekasi Kabupaten, karena di sana jumlah massa cukup banyak," tuturnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya