Menkes: Mahasiswa IPB Terserang Hepatitis Akibat Jajanan

Institut Pertanian Bogor (IPB)
Sumber :
  • Facebook - Institut Pertanian Bogor (IPB)

VIVA.co.id - Belasan mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) terserang virus hepatitis. Menteri Kesehatan, Nila F. Moeloek menyebut, penyakit hepatitis A menyerang akibat jajanan di kantin mahasiswa yang tidak higienis.

"Memang kantinnya tidak terlalu baik, begitu juga jajanannya," ujar Nila usai meresmikan RSUD Pasar Minggu, Jakarta, Sabtu 12 Desember 2015.

Menurut Nila, permasalahan itu telah ditangani Dinas Kesehatan Kota Bogor. Untuk mencegah hal serupa, dia mengimbau agar berperilaku bersih dan mengonsumsi makanan yang sehat.

"Perilaku bersih, sehat, makanan nggak boleh tercemar ya," katanya.

Sebelumnya, kampus IPB Dramaga, Bogor, Jawa Barat digegerkan dengan penyakit hepatitis yang menyerang belasan mahasiswanya.

Penyakit hepatitis itu diketahui menyerang belasan mahasiswa setelah para korban dilarikan ke Rumah Sakit Karya Bhakti Pratama.

Fitriyani, kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinkes Dramaga, Kabupaten Bogor, mengatakan, penyakit hepatitis yang menyerang mahasiswa IPB, statusnya Kejadian Luar Biasa (KLB), karena mengalami peningkatan pasien. Mereka mengeluh sakit, mual-mual, dan pusing.

Sekadar diketahui, hepatitis A adalah suatu penyakit akut yang disebabkan oleh virus hepatitis A yang biasanya disebabkan oleh makanan yang tidak bersih atau tercemar kotoran.

Hepatitis A Mewabah di IPB, Ini Cara Cegah Penularannya

Hepatitis.

Ini Penyebab Mahasiswa IPB Diserang Virus Hepatitis

Bukan hanya disebabkan oleh sanitasi kampus yang minim.

img_title
VIVA.co.id
13 Desember 2015