Target Ahok, LRT Bisa Dipakai Saat Asian Games

Ilustrasi kereta di jalur layang
Sumber :
  • www.hssgroup.com

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama menargetkan proyek kereta ringan, atau Light Rail Transit (LRT) dapat diselesaikan sebelum perhelatan Asian Games digelar pada 2018 mendatang.

Ahok mengatakan, koridor Kemayoran - Bandara Soekarno Hatta dan Kelapa Gading - Kemayoran Lama sedang dalam proses lelang.

"Kita targetin ya, untuk Asian Games selesai ya, untuk koridor Kelapa Gading ke arah Kebayoran Lama, sama yang bandara, ini lagi lelang," ujar Ahok di Balaikota, Jakarta, Selasa 15 Desember 2015.

Menurut Ahok, LRT koridor awal akan memakai dana dari APBD. Sekitar 10 triliun dianggarkan untuk pengerjaan LRT. "Kita bangun sendiri, pakai biaya sendiri," ujar Ahok.

Sebelumnya LRT, telah diresmikan Presiden Joko Widodo, Rabu 9 September 2015. LRT merupakan salah satu moda transportasi massal berbasis rel yang ramah lingkungan. Pembangunannya dilakukan secara elevated di atas tanah ruang milik jalan tol dan non-tol.

Jakarta sebagai tuan rumah Asian Games 2018 dituntut menyiapakan infrastruktur untuk mendukung perhelatan olah rage se-Asia tersebut.

Digusur Kereta Cepat, Anggaran LRT Dijamin Tak Bengkak

(asp)

Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan

Menhub Jonan Larang Adhi Karya Jadi Operator LRT

Dalam Perpres, Adhi hanya ditetapkan sebagai kontraktor.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2016