Ribuan Aparat Siap Amankan Jakarta di Malam Tahun Baru

Bundaran HI memasuki petang jelang tahun baru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anwar Sadat

VIVA.co.id - Pesta perayaan malam pergantian tahun baru yang akan berlangsung malam ini rencananya akan dihiasi oleh car free night di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, dan Jalan Medan Merdeka hingga Dukuh Atas.

Pantauan VIVA.co.id di lapangan, lalu lintas di sekitaran Bundaran Hotel Indonesia, sudah mulai ramai oleh petugas keamanan, dan persiapan penutupan jalan sudah mulai dilakukan.

Menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol. Hendro Pandowo, sejumlah petugas gabungan akan diterjunkan di beberapa titik yang akan menjadi tempat kerumunan masyarakat dalam acara car free night.

"Jadi di Jakarta pusat ada 2600 kekuatan personil gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, petugas Damkar, dan juga perbantuan Pokdar Kambtibmas, untuk mengamankan jalannya perayaan malam tahun baru," ujar Hendro saat ditemui di Pospol Bundaran HI, Jakarta Pusat, Kamis 31 Desember 2015

Selain itu, Hendro juga menghimbau agar masyarakat tetap waspada pada titik pusat keramaian yang akan berlangsung nanti malam di seputaran car free night.

"Kita sudah siapkan delapan Pospam di seputaran car free night, juga pasukan kita sebar di acara tersebut, jadi apabila masyarakat ada yang membutuhkan bantuan segera melapor dan ingat agar terus selalu waspada," kata dia.

Cerita Sedih Cinta Laura Tahun Baru di Dubai

Tahun baru di Jakarta Selatan

Sementara perayaan pergantian malam tahun baru 2016 untuk wilayah Jakarta Selatan, dipusatkan di Setu Babakan dan Kemang. Walikota Jakarta Selatan beserta Forum pimpinan di wilayah Jakarta Selatan akan merayakan pergantian malam tahun baru 2016 di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Untuk pengamanan perayaan pergantian tahu baru 2016, 1700 personil dari gabungan anggota TNI, Polres Metro Jakarta Selatan, Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Sudin Perhubungan Jakarta Selatan dan anggota Pramuka.

Introspeksi Diri pada Tahun Baru

Apel gelar kesiapan pasukan gabungan menjelang pengamanan malam tahun baru di wilayah Jakarta Selatan pun di gelar di lapangan upacara Mapolres Metro Jakarta Selatan.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Komisaris Besar Wahyu Hadiningrat mengatakan, 1700 orang personil gabungan akan diterjunkan dibeberapa titik yang menjadi pusat konsentrasi berkumpulnya masyarakat pada malam pergantian tahun baru.

"Untuk pengamanan ada 1700 anggota, untuk anggota polisi sendiri ada 1200 sisanya gabungan dari TNI, Satpol PP, petugas Damkar, dan Pramuka," ujar Kapolres Metro Jakarta Selatan Wahyu Hadiningrat seusai apel gelar pasukan di Mapolres Metro Jakarta Selatan, Kamis 31 Desember 2015.

Selain itu, Wahyu menerangkan, sejumlah petugas tersebut nantinya akan ditempatkan di beberapa titik diwilayah Jakarta Selatan, termasuk di dua titik di Setu Babakan dan Kemang.

"Titik yang jadi pengamanan kita konsentrasinya di Kemang dan Setu Babakan," ucap Wahyu.

Wahyu juga mengatakan, pasukan juga akan disiagakan dan mengamankan sejumlah wilayah di Jakarta Selatan, yakni di 14 titik rawan macet, 77 gereja yang mmengelar ibadah misa, 10 stasiun kereta api dan 3 terminal bus sekaligus terminal bus bayangan. (ren)

Macet di jalan tol

Tak Ada Angkutan Massal Gratis Dinilai Picu Macet Tahun Baru

Jumlah kendaraan di Jakarta saja sekitar 15 juta unit.

img_title
VIVA.co.id
6 Januari 2016