Sampah Menumpuk, Jembatan Kalibata Dibongkar

Pembongkaran jembatan Kalibata Jakarta Selatan, Minggu (6/3/2016)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace

VIVA.co.id – Jembatan Kalibata di Kelurahan Rawajati Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu 6 Maret 2016, dibongkar. Jembatan yang menghubungkan Kalibata, Jakarta Selatan, dengan Cililitan, Jakarta Timur itu, dibongkar lantaran sampah yang mengalir di Kali Ciliwung kerap menyangkut di sana.

Ini Cara Pemkot Madiun Kelola Sampah

Sampah menumpuk di kolong jembatan, hingga terkadang debit air di kali tersebut meninggi lantaran air tertahan. Kepala pelaksana pembongkaran jembatan Ikhsan Masduki mengatakan, pembongkaran dilakukan sejak pagi hari sekitar pukul 09.00 WIB. Pembongkaran dimulai pada hari Minggu guna menghindari arus lalu lintas.

"Pembongkaran baru hari ini (Minggu 6 Maret 2016) dimulai dan diberikan waktu sampai 60 hari. Tapi, saya targetkan 15 hari selesai," katanya di lokasi, Minggu.

Hebat, Bayar PBB di Kota Batu Pakai Sampah

Dalam kesempatan itu, Ikhsan menyampaikan kalau pihaknya, pada hari ini mengerahkan satu unit alat berat guna membongkar jembatan sepanjang 50 meter itu. "Mungkin dua atau tiga hari lagi akan ada dua unit crane," tambahnya.

Dari pantauan VIVA.co.id, satu unit alat berat yang ada terlihat membongkar sedikit demi sedikit dinding jembatan. Alat tersebut terlihat terus menghujam jembatan hingga bagian aspal jembatan hancur sedikit demi sedikit.

Berton-ton Sampah Asal Bogor Menumpuk di Kalibata

Akibat adanya pembongkaran jembatan tersebut, kini kendaraan tidak diperkenankan lagi melewati jalur itu dan harus melalui flyover yang berada tepat di atas jembatan kalibata itu. Arus lalu lintas pun tidak mengalami kemacetan meski adanya pembongkaran jembatan tersebut.

Namun, masih saja banyak pengendara yang tidak menggubris larangan untuk lewat sana dan masuk ke area tersebut. Para warga sekitar pun terlihat asyik menontoni adanya pembongkaran jembatan itu.

Ilustrasi - Tumpukan sampah (FOTO: Dokumen TIMES Indonesia)

Kementerian LHK: Sampah Plastik Meningkat

Komposisi sampah plastik menunjukkan trend meningkat. 

img_title
VIVA.co.id
28 Mei 2019