Jembatan Kalibata Dibongkar, Lalu Lintas Bakal Makin Macet

Jembatan Kalibata dibongkar
Sumber :
  • VIVA.co.id/Foe Peace

VIVA.co.id - Meski ada keuntungan dari pembongkaran jembatan Kalibata, tetapi warga Rawajati, Pancoran, Jakarta Selatan, yang tinggal tempat tersebut juga tak memungkiri ada kerugian. Kerugian yang ditimbulkan dari adanya pembongkaran jembatan tersebut, salah satunya adalah kemacetan lalu lintas akan semakin bertambah.

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah
Hal tersebut, karena sebelum jembatan tersebut dibongkar, kawasan itu memang macet pada jam-jam berangkat dan pulang kerja kantoran.
 
Beberapa Ruas Jalan Jakarta Tergenang Air Usai Diguyur Hujan
"Pasti di sini macetnya nambah. Biasanya jam berangkat kerja dan jam pulang kerja saja macet. Jadi, kadang kendaraan lewat jembatan Kalibata sama lewat flyover di atas jembatan ini," kata Komarudin (33), salah satu warga di lokasi, Minggu, 6 Maret 2016.
 
Katulampa Siaga I, Jakarta Tak Akan Diterjang Banjir Besar
Usai jembatan itu dibongkar, dia meyakini kemacetan lalu lintas tak hanya terjadi pada jam berangkat dan pulang kerja.
 
"Jadinya pasti jam berapapun, pasti macet. Kalau ini (jembatan Kalibata) masih ada aja macetnya bisa sampai perlintasan kereta api Duren Kalibata," tambahnya.
 
Pria yang bekerja sebagai karyawan swasta itu menambahkan, kemacetan lalu lintas terjadi karena usai melewati flyover atau jembatan Kalibata, di ujung jalan ada lampu merah yang hanya muat untuk dua mobil. 
 
"Ujung jalan ini lampu merah yang hanya muat untuk dua mobil. Kalau jembatan Kalibata dijebol, dan hanya lewat flyover, pasti macetnya bisa sampai Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata," kata dia.
 
Sebelumnya diketahui, jembatan Kalibata yang menghubungkan Kalibata, Jakarta Selatan dengan Cililitan, Jakarta Timur, Minggu, 6 Maret 2016,  dibongkar. 
 
Jembatan sepanjang 50 meter itu dibongkar, lantaran sampah yang mengalir di Kali Ciliwung kerap menyangkut, yang mengakibatkan sampah menumpuk di kolong jembatan, hingga terkadang debit air di kali tersebut meninggi lantaran air tertahan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya