Wajah Kalijodo Kini, Tanpa Kondom dan PSK

Ilustrasi/Tempat hiburan malam
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Sepekan sudah alat-alat berat milik Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dikerahkan ke kawasan Kalijodo, Jakarta Utara, untuk menghancurkan bangunan yang ada di sana.

Ada Kotak P3K di RPTRA, Buat yang Terluka Saat Main

Saat ini, wajah Kalijodo sangat jauh berbeda. Tak terlihat lagi satu pun bangunan tempat hiburan malam berdiri kokoh.Tak ada lagi, wanita-wanita seksi yang melintas serta tak ada lagi pria-pria mata keranjang yang singgah.

Bahkan, tak lagi dijumpai satu kondom pun tercecer di kawasan itu. Kini, sejauh mata memandang yang terlihat hanya hamparan lahan yang benar-benar kosong tanpa sedikitpun puing bangunan yang tersisa.

Patung Menembus Batas, Ikon Baru Kalijodo

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/07/56dd7650bc509-kondisi-kalijodo-kini_663_382.jpg

Foto: Kondisi Kalijodo kini.

Janji Ahok Bangun Masjid di Kalijodo Dipenuhi Djarot

Di kejauhan terlihat sejumlah alat berat masih beroperasi dikendalikan beberapa operator. Di beberapa sudut seperti di sekitar Jalan Kepanduan II terlihat para pekerja tengah sibuk membangun tembok-tembok fondasi baru.

"Ini fondasi turap baru buat jalanan, kan rencana dilebarin 40 sentimeter, pokoknya sampai batas benang ini lah," ujar Priyo, salah satu pekerja bangunan saat ditemui VIVA.co.id di lokasi, Senin 7 Maret 2016.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/07/56dd76d4c81a4-kondisi-kalijodo-kini_663_382.jpg

Foto: Kondisi Kalijodo kini.

Menurut Priyo, lahan bekas lokasi prostitusi akan ditinggikan dari posisi semula. "Ditinggikan juga rencananya ini, setengah meteran, merata sampai ujung sana (sisi barat) nanti dilebarkan dan tinggikan semua," kata Priyo.

Kalijodo telah berubah dan tak berpenghuni lagi. Tapi, kawasan itu masih dijaga petugas Satpol PP dan kepolisian secara bergantian selama 24 jam.

http://media.viva.co.id/thumbs2/2016/03/07/56dd7744da76e-kondisi-kalijodo-kini_663_382.jpg

Foto: Kondisi Kalijodo kini.

Sekadar diketahui, Kalijodo merupakan kawasan prostitusi terselubung paling ramai di Jakarta. Di kawasan itu, denyut perekonomian seolah tak pernah berhenti dari matahari terbit hingga tenggelam.

Banyak sudah orang yang mengais rezeki di kawasan itu, mulai dari pengusaha kafe hingga wanita-wanita penjaja cinta.

Roda aktivitas Kalijodo akhirnya terhenti saat Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, mengeluarkan instruksi penertiban kawasan itu usai terjadi kecelakaan maut Toyota Fortuner di Jalan Raya Daan Mogot, Jakarta Barat. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya