Katulampa Siaga Satu, Gang Arus Terendam 1,5 Meter

Banjir gang arus cawang
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Anwar Sadat

VIVA.co.id - Hujan deras yang melanda kawasan Bogor Jawa Barat, membuat aliran Sungai Ciliwung meluap. Luapan tersebut mengakibatkan pemukiman warga di Gang Arus, RW 2, Kelurahan Cawang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, terendam banjir.

Pantauan VIVA.co.id di lokasi, banjir di Gang Arus ini mencapai lebih dari 1,5 meter. Banjir ini membuat aktivitas warga lumpuh. Namun, beberapa anak malah asyik bermain di genangan air yang berwarna kecokelatan. Anggota Satpol PP dan petugas pemadam kebakaran terlihat bersiaga di sekitar lokasi.

Menurut Lurah Cawang, Haerudin, banjir mulai menggenangi lokasi Selasa, 8 Maret 2016, sekitar pukul 05.00 WIB. Dengan cepat air tersebut langsung meninggi hingga mencapai 1,5 meter.

"Semalam kami dapat kabar Katulampa siaga satu. Kemudian jam 5 air mulai menggenang dan jam 7 itu ketinggian air sudah seperti ini," kata Haerudin di lokasi, Selasa, 8 Maret 2016.

Banjir merendam 4 RT, yaitu RT 9, RT 10, RT 11, dan RT 12. Warga sekitar telah menyiapkan berbagai macam peralatan, salah satunya membuat perahu untuk memudahkan pergerakan mereka.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Humas Polres Metro Jakarta Timur Komisaris Husaimah mengatakan, sebanyak tiga perahu kano dan tiga perahu karet bermesin disiagakan di sekitar lokasi banjir. "Kami siapkan perahu untuk siaga, debit air juga terus tinggi," kata Husaimah saat dikonfirmasi.

Selain di Gang Arus, Husaimah menambahkan, genangan juga terjadi di beberapa wilayah lainnya di Jakarta Timur.

Di Kelurahan Bidara Cina, RT 07, RW 05 misalnya, genangan air mencapai 20 sentimeter (cm). Sedangkan di Kelurahan Kampung Melayu, RT 10,11, 12, 13 RW 1 terendam hingga 30 cm.

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

(mus)

Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016