Cari Provokator Final Sepak Bola, Polisi Pantau Media Sosial

Ilustrasi jejaring sosial
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Pemain Terbaik Piala Bhayangkara Langsung Bayar Nazar
- Beragam cara dilakukan aparat kepolisian Polda Metro Jaya untuk mengamankan laga final Arema Malang vs Persib Bandung yang bakal berlangsung, sore ini, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Di antaranya, melakukan patroli di jagat maya (online).

Air Mata Atep Usai Kekalahan Persib di Final Bhayangkara

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Muhammad Iqbal, patroli di dunia maya ini terbilang penting untuk menghindari dan memantau adanya provokasi dari jejaring sosial.
Ocehan Bobotoh Soal Kekalahan Persib


"Ini merupakan arahan dari Bapak Kapolda Metro Jaya, ada dua hal yang memang menjadi perhatian kami, yakni di lapangan dan dunia maya. Kemarin ada anak SMP yang coba posting melakukan provokasi di dunia maya. Kita sayangkan memang, tetapi tentu tindakan hukum perlu kita lakukan," kata Iqbal kepada
tvOne
, Minggu 3 April 2016.


Sejauh ini, pihak kepolisian mengaku telah melakukan berbagai tindakan persuasif dengan melakukan patroli
cyber
sebagai upaya mengamankan jalannya pertandingan final terhindar dari berbagai aksi anarki. Jurus-jurus komunikasi dengan berbagai pihak yang terlibat juga sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari, termasuk dengan pendukung Persija Jakarta, Jakmania, selaku tuan rumah.


"Kami melakukan penegakan hukum dengan cara preventif namun bernuansa represif. Penggalangan komunikasi terus kami lakukan saat ini. Untuk para suporter, kami akan lakukan pengawalan dari awal sampai titik akhir, termasuk pengawalan di dalam mobil, samping kanan dan kiri, personel kami juga telah kami sebar," kata dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya