Ketua DPRD Ingatkan Ahok Prinsip Jokowi Soal Penggusuran

Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi Marsudi
Sumber :
  • Fajar GM - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI, Prasetio Edi Marsudi mengaku heran dengan tindakan Pemerintah Provinsi DKI, dalam menertibkan hunian liar di kawasan permukiman Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Legislator PDIP Sebut KAI Zalim Atas Penggusuran Warga di Bandung

Pras, yang berasal dari fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengatakan, tindakan penertiban sepertinya dilakukan tanpa persiapan matang. Pras mencontohkan rumah susun sederhana sewa (rusunawa) Rawa Bebek, Cakung, Jakarta Timur, yang dipilih pemerintah sebagai satu dari tiga rusunawa yang disediakan sebagai tempat tinggal baru warga. Rusunawa itu letaknya begitu jauh dari kawasan Pasar Ikan yang terletak di Jakarta Utara.

"Masa dari Pasar Ikan ditaruh di Cakung?," ujar Pras di Gedung DPRD DKI, Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Senin, 18 April 2016.

Anies Resmikan Pembangunan Kampung Susun untuk Warga Bukit Duri

Pras menyebut tindakan itu keterlaluan. Dia mengingatkan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, atau Ahok prinsip yang dipegang mantan Gubernur DKI, Joko Widodo dalam merelokasi warga. Di bawah kepemimpinan Jokowi, warga selalu direlokasi ke rusunawa yang letaknya masih di lokasi yang sama.

Hal itu dilakukan, agar warga tidak berpindah tempat kerja, atau harus menempuh perjalanan lama ke tempat kerja.

Ratusan Warga Setop Penggusuran Sentul City dan Rusak Kantor Desa

"Orang cari makan kan, enggak mau yang jauh-jauh. Kalau orang Pasar Ikan, ya cari makannya di Pasar Ikan juga," ujar Pras. (asp)

Rio Ricky Damanik petani coklat Desa Bojong Koneng tunjukkan lahannya dirusak.

23 Ribu Pohon Ditebang, Petani Coklat Gugat Sentul City Rp3,8 Miliar

Petani coklat Desa Bojong Koneng menyebut pihak Sentul City tiba-tiba saja menghancurkan 23 ribu pohon coklat dan bangunan di sekitarnya.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2022