Pasar Ikan Mulai Direvitalisasi, Bakal Jadi Wisata Bahari

Penggusuran Pasar Ikan Penjaringan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mulai melakukan revitalisasi di kawasan Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara. Kawasan itu akan dijadikan wisata bahari, dengan menghidupkan kembali nilai-nilai sejarah di daerah itu. 

Permukiman Pasar Ikan Tetap Digusur meski Warga Menggugat

Pada zaman Belanda, kawasan sekitar itu menjadi pusat perdagangan VOC. "Kawasan itu akan direvitalisasi, artinya kawasan itu akan dihidupkan kembali nilai-nilai sosial, budaya, sejarah dan arsitektur di dalamnya," ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta Catur Laswanto, di Balai Kota, Jakarta, Rabu, 27 April 2016.

Menurut Catur, Pasar Ikan masuk dalam rencana induk penataan kawasan Kota Tua, yang diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 36 Tahun 2014. Konsepnya terintegrasi dengan Museum Bahari dan Masjid Luar Batang di kawasan tersebut.

Bangunan Liar di Kampung Akuarium Dibongkar Pekan Ini

Lokasi sekitar Kota Tua, Pasar Ikan, dan Luar Batang, dengan total 334 hektare itu akan dikembangkan menjadi salah satu destinasi wisata di DKI Jakarta.

"Intinya setelah penertiban kita mulai revitalisasi gedung-gedungnya, tempat pelelangan ikan direstorasi, sehingga kawasan itu akan menjadi wisata bahari dengan pandangan utama ke laut," ujarnya. (ms)
 

Ahok Mau Gusur Lagi Pasar Ikan Sebelum Lepas Jabatan
Kampung Aquarium, Penjaringan, Jakarta Utara, Sabtu, 14 April 2018.

Warga Kampung Aquarium Sempat Buat Makam untuk Ahok

Warga geram karena menjadi korban penggusuran di era Ahok.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2018