Alasan Polisi Larang Buruh Long March dari HI

Kapolda Metro Jaya, Irjen Moechgiyarto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Polda Metro Jaya bersama serikat pekerja buruh dan instansi terkait melakukan rapat bersama membahas persiapan peringatan hari buruh atau May Day yang jatuh pada tanggal 1 Mei 2016 mendatang.

Protes PHK Sepihak, Ratusan Buruh Blokir Tol Bitung

Namun, rapat yang digelar di Gedung Biro Operasional Polda Metro Jaya belum mendapat keputusan final. Hal tersebut lantaran adanya perbedaan persepsi antara polisi dan buruh soal rencana long march dari Bunderan HI (Hotel Indonesia) ke GBK (Gelora Bung karno).

Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Polisi Moechgiyarto mengatakan, buruh tetap pada keinginan semula melakukan aksi long march dari Bundaran HI menuju ke Stadion GBK Minggu, 1 Mei mendatang. 

Kawan Kena PHK Jelang Puasa, Buruh Depok Gelar Unjuk Rasa

"Tadi kita seharusnya sudah ada kesepakatan, tapi ada beberapa yang harus kita perbaiki kembali, pertama masalah titik kumpul yang mana mereka akan start jalan dari HI menuju ke GBK, karena ini saya sampaikan bersamaan car free day," kata Moechgiyarto di Gedung Biro Personel Polda Metro Jaya, Rabu 27 April 2016.

Alasan keamanan, kata Moechgiyarto, menjadi salah satu pertimbangan polisi melarang massa buruh tidak melakukan aksi long march di kawasan car free day tersebut.

DPR Minta Pemerintah Perketat Izin TKA

"Ya otomatis kalau tidak ada kesepakatan dan terjadi demikian nanti terjadi benturan-benturan itu sudah otomatis. Itu yang kita sampaikan ke mereka, tolong sama-sama mengerti dan itu juga kan ada car free day," katanya.

Akan tetapi, mantan Kapolda Jawa Barat tersebut menuturkan, jika buruh tetap memaksakan kehendaknya, polisi hanya mengimbau untuk tertib. "Kalau pun jalan kaki, harus tertib, kalau terpaksa. Kalau tidak, tetap tidak boleh," katanya.

Untuk menyamakan perbedaan pendapat, Moechgiyarto mengatakan, pengamanan May Day akan dirapatkan lagi. Nantinya, para serikat buruh akan mengumpulkan koordinator lapangan  untuk membahas lebih lanjut soal rencana long march tersebut bersama pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya.

"Mereka janji akan kumpulkan korlap-korlapnya bersama Pak Dirlantas untuk mengambil keputusan, mudah-mudahan besok sudah keluar keputusannya," ucapnya.

Sementara itu, dari hasil rapat diketahui jumlah buruh yang akan mengikuti acara May Day terdapat 90 ribu. Dimulai dengan melakukan orasi di depan Istana Merdeka dan puncaknya diisi kegiatan musik di Stadion GBK.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya